Pendaftaran Bakal Paslon Pilkada 2020 Resmi Ditutup, KPU Kebumen Putuskan Satu Bakal Paslon

oleh -461 views
FOTO PENUTUPAN PENDAFTARAN CALON BUPATI

KEBUMEN, Kebumen24.com – Proses pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) sebagai peserta Pilkada Kebumen 2020 secara resmi ditutup. Penutupan dilakukan pada hari Minggu 13 September 2020 tepatnya pukul 24.00, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen. Hingga penutupan, KPU hanya menemukan terdapat satu Bapaslon, yakni H. Arif Sugiyanto dan Rista Purwaningsih.

 

Ketua KPU Kebumen Yulianto menyampaikan, sebelumnya KPU telah membuka pendaftaran bapaslon pada tanggal 4 hingga 6 September 2020. Namun hingga hari terakhir yakni Minggu 06 September 2020 pukul 24.00 wib, hanya ada satu bapaslon yang mendaftar di KPU Kebumen yakni pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih. Untuk itu, sesuai regulasi, KPU Kabupaten Kebumen memperpanjang masa pendaftaran.

 

Selanjutnya perpanjangan pendaftaran dibuka kembali mulai tanggal 11 sampai dengan 13 September 2020 hingga pukul 24.00 wib. Stelah tidak adanya calon lain yag mendaftar maka KPU Kabupaten Kebumen memutuskan pilkada Kebumen hanya ada satu bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati.

 

‘’ Sampai malam ini tepatnya pukul 24 ; 00 wib masih tetap hanya ada satu bakal paslon yang mendaftar. Untuk itu pendfataran kami tutup dan resmi hanya ada satu bakal calon,’’jelas Yulianto didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan, Danang Munandar

 

Adapun untuk proses tahapan selanjutnya, yakni meliputi pemeriksaan syarat calon, pemeriksaan kesehatan, verivikasi dokumen dan verivikasi vaktual dokumen pencalonan. Dan dalam pemeriksaan kesehatan nantinnya akan melibatkan 3 institusi yaitu RSUP Suradji Tirtonegoro Klaten, BNN dan dari HIMSI untuk pemeriksaan Psikologi.

 

‘’ Setelah tidak adanya calon lain yang mendaftar maka KPU Kebumen akan melanjutkan tahappan berikutnya yang meliputi pemeriksaan syarat calon, pemeriksaan kesehatan verivikasi dokumen dan juga verivikasi vaktual dokumen pencalonan,’’ imbuh Ketua KPU.

 

Dielaskan nantinya penetapan Bakal Pasngan Calon akan dilakukan pada tanggal 23 september 2020 dari hasil verivikasi pencalonan dan dilanjutkan tanggal 24 pengundian tata letak karena hanya 1 pasangan calon. Sedangkan untuk data pemilih hingga saat ini tercata sebanyak 1,039, 714 orang. Meski begitu data ini yang nanti akan dilakukan proses updating seerta akan diumumkan ke publik dan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap. [K-24/IMAM]

 

TONTON VIDEONYA :

Tinggalkan Balasan