Pemuda Pancasila Kebumen Gelar Seminar Kepemudaan

oleh -131 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com – Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Jawa Tengah bersama Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Kebumen, menggelar seminar dan workshop kepemudaan untuk anggotanya, bertempat di Hotel Mexolie, Jumat 23 September 2022. Pembukaan seminar dan workshop diawali sambutan Ketua MPC PP Kebumen Edy Purwanto dihadapan 150 peserta seminar.

Hadir sebagai narasumber seminar kepemudaan bertema Pembangunan Kepemudaan Menuju Pemuda yang Berkarakter, Ketua MPW PP Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo, Dr Eko Suwarni Pakar Hukum MPW dan Kamla dari Badan Kesbangpol Kabupaten Kebumen. Turut hadir seluruh Ketua PAC, jajaran pengurus MPC, anggota KOTI Mahatidana Kabupaten Kebumen dan perwakilan pengurus MPW PP Provinsi.

Dalam sambutannya Edy mengucapkan terima kasih kepada kader Pemuda Pancasila Kebumen yang telah hadir dan mendedikasikan tenaga serta pikirannya, ikut berkontribusi dalam kegiatan seminar dan workshop kepemudaan ini.

“Saatnya sekarang pemuda pancasila sebagai organisasi kepemudaan memiliki peran strategis menggerakkan potensi kepemudaan bersama seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama memecahkan masalah,” ucap Edy.

Menurut Edy pemuda memiliki peran dan partisipasi dalam masa depan bangsa dan negara. Yaitu dalam bidang politik, sosial budaya, maupun ekonomi. Untuk itu Edy mengajak seluruh anggota Pemuda Pancasila untuk meningkatkan kualitas dan keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai isu maupun persoalan di tengah masyarakat.

“Saya berharap, dengan seminar dan workshop ini nantinya PP Kebumen bisa berubah dan bisa memiliki kemampuan dan keterampilan untuk memberikan pertumbuhan dan kemajuan bangsa,” harapnya.

Seminar dan workshop dilanjutkan dengan pembekalan materi pertama dari Ketua MPW Pemuda Pancasila (PP) Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo. BEP panggilan akrabnya menekankan tentang dasar dan prinsip-prinsip kepemimpinan.

Menurutnya seorang pemimpin bisa muncul dari mana saja. Yang terpenting seorang pemimpin itu harus mampu memberikan motivasi dan bisa merangkul semua elemen.

“Seorang pemimpin jangan hanya dilihat dari tumpakane (Kendaraannya) saja. Terus jangan memecah belah keharmonisan anggotanya,” jelas BEP didepan para anggota dan kader Pemuda Pancasila Kebumen.

Saat ini lanjut BEP dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa memperkuat wawasan kebangsaan dan membangkitkan kesadaran atas tanggung jawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara.

“Pemuda harus mampu berperan aktif dalam segala aspek pembangunan nasional, sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan,” lanjutnya.

Narasumber kedua dari pakar hukum Jawa Tengah Dr.Eko Suwarni memberikan materi terkait pada penyelesaian persengketaan dan memelihara ketertiban. Menurutnya para kader Pemuda Pancasila masa kini harus memiliki peran aktif sebagai kontrol sosial, menjamin efesiensi keharmonisan dan keseimbangan. Serta bisa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Baik di bidang pendidikan politik dan demokratisasi, sumber daya ekonomi, kewirausahaan, kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta di bidang kepemimpinan dan kepeloporan pemuda,” jelas Dr.Eko Suwarni yang juga bekerja di Kantor Kejaksaan Agung.

Seminar diakhiri dengan materi yang disampaikan Kamla dari Badan Kesbangpol Kabupaten Kebumen. Kamla menekankan pada nilai-nilai yang tertuang pada isi Sumpah Pemuda.

“Pemuda era sekarang harus memiliki wawasan kebangsaan yaitu rasa cinta tanah air, solidaritas dan tekad kebersamaan,” kata Kamla.

Saat ini secara nasional pemuda juga harus berperan aktif sebagai agen perubahan yang bertanggung jawab dalam pembangunan nasional dan memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga bisa tercipta kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris MPC PP Kebumen Sigit Sabariyanto usai acara menambahkan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pemuda yang cerdas, demokratis, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Harapannya dengan kegiatan seminar kepemudaan ini, dengan beberapa narasumber ternama mampu membentuk pemuda yang berkarakter,” tandasnya. (K24/*)..

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24