Pemkab Kebumen Gelar Peringkatan Website Terbaik dari Desa, Kecamatan Hingga OPD

oleh -262 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan pemeringkatan website badan publik tahun 2022 di Mexolie, Hotel, Selasa 22 November 2022.

Hadir Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Wakil Bupati Ristawati Purwaningisih, Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta Bambang Murtono, sejumlah pimpinan OPD, para camat dan kepala desa di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kebumen.

Bupati menyambut baik diadakannya pemeringkatan website badan publik tahun 2022 untuk merangsang instansi pemerintahan dalam membuat pelayanan yang inovatif dan efektif melalui penggunaan teknologi informasi.

“Pelayanan terhadap masyarakat mau tidak mau memang harus menggunakan teknologi, tidak bisa dilakukan dengan cara-cara manual, karena itu setiap instansi harus aktif berpacu untuk memberikan layanan terbaik dengan teknologi informasi yang bisa dikses semua orang dimana pun dan kapanpun berada,” terang Bupati.

Pihaknya bahkan sudah mewajibkan semua desa, kecamatan dan OPD untuk membuat website, guna memudahkan masyarakat untuk mencari informasi penting yang ada di setiap instansi masing-masing.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung adanya transparansi publik di masyarakat yang terintegrasi,” jelasnya.

Tak lupa pada kesempatan tersebut, Bupati melakukan penandatanganan kerjasama dengan Rektor UTY terkait Penelitian dan pengabdian masyarakat di kebumen melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

Kemudian dilaksanakan penyerahan resertifikasi iso 27001:2013, pemberian penghargaan kepada penemu celah keamanan informasi kepada Teuku Ryan Saputra diwakili programer Wahyu Heri Irawan, dan launching portal layanan Kerispatih (Kebumen reformasi sistem pemerintahan terintegrasi dan bersih).

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kebumen Budhi Suwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen mewujudkan Visi Kabupaten Kebumen yang semakin “SEMARAK” lewat Misi Pertama yakni:

“Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsive serta penerapan e-governance dan open government terintegrasi.Dan hari ini kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada OPD yang aktif menyampaikan informasi publik melalui website dan media social serta merespon pengaduan aplikasi Lapor Cepat Bupati,” ujar Budhi.

Adapun perjanjian kerjasama atau MOU antara Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Universitas Teknologi Yogyakarta dalam rangka penguatan kapasitas SDM TI, Mewujudkan Desa Digital, Pengembangan Smart City dan pendukung implementasi SPBE

“Lalu penyerahan Resertifikasi ISO 27001:2013 Data Center sebagai jaminan standar kusus dan terstruktur pada Sistem Manajemen Keamananan Informasi (SMKI) yang diakui secara internasional,” jelasnya.

Pemerintah juga Me-Launching Portal Layanan Kebumen Smart Service KERISPATIH (Kebumen Reformasi Sistem Pemerintahan Terintegrasi dan Bersih). Dimana portal ini menggabungkan dan mengintegrasikan beberapa layanan berbasis elektronik yang ada di perangkat daerah.

“Saat ini terdapat 553 subdomain yang dikelola oleh Pemkab Kebumen, kami harapkan admin pengelola website selalu update dan interaktif dan tidak menelantarkannya untuk mengurangi resiko keamanan informasi,” ujarnya.

Adapun juara pemeringkatan website Untuk kategori perangkat daerah yakni  juara 1 diraih oleh Diskominfo,  juara 2 diraih oleh Disnaker juara 3 diraih oleh Bappeda. Untuk kategori kecamatan juara 1 diraih oleh Kecamatan Rowokele, juara 2 diraih oleh Kecamatan Karangsambung dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Kutowinangun.

Untuk kategori desa juara 1 diraih oleh Desa Grujugan Kecamatan Petanahan, juara 2 diraih oleh Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, dan juara 3 diraih oleh desa Pejengkolan Kecamatan Padureso. Para pemenang mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan. (k24/*).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24