Pembangunan Makodim 0709 Kebumen Resmi Dimulai

oleh -
pelatakan batu pertama markas kodim

KEBUMEN, Kebumen24.com  – Pembangunan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0709 Kebumen di lahan hibah dari Pemkab Kebumen secara resmi dimulai. Peresmian ditandai dengan , peletakan batu pertama oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjri Rabu 10 Februari 2021.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen Ibnu Bintang, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawiranegara Matondang, Kapolres Kebumen AKBP Pitter Yanottama, serta Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono

 

Bangunan yang berada di Jalan Lingkar Selatan Kebumen, Desa Adikarso, Kecamatan Kebumen itu, tepatnya didirikan di sebelah timur Terminal Bus Kebumen. Selama ini Makodim menempati lahan milik perusahaan daerah Pemprov Jateng yang ada Jl Merak Panjer Kebumen.

 

“Dengan dibangunnya Makodim 0709 Kebumen, harapannya tugas-tugas TNI bisa lebih lancar dan baik. Sinergitas antara Pemkab Kebumen dengan TNI juga akan semakin meningkat,” terang bupati.

 

Bupati memastikan Pemkab Kebumen tidak kehilangan meski lahan milik Pemkab Kebumen dihibahkan ke TNI AD.

 

“Pindah saku saja, tanah ini tetap milik negara, kemarin juga milik negara. Artinya Pemkab Kebumen tidak kehilangan apapun,” ujarnya.

 

Proses hibah lahan juga sedang berjalan untuk lahan yang akan digunakan sebagai jalan masuk Makodim 0709 Kebumen yang baru. Menurut bupati, Pemkab Kebumen menganggarkan Rp 500 juta untuk membebaskan lahan yang akan digunakan untuk jalan masuk Makodim.

 

“Tinggal menunggu proses pembayarannya saja,”imbuhnya.

 

Terkait dengan bangunan Makodim lama, yazid mengatakan nantinya akan dikembalikan ke provinsi. Tetapi Pemprov Jateng, sudah komitmen dengan Pemkab Kebumen untuk digunakan sebagai sentra ekonomi.

 

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjri mengatakan, pembangunan Makodim 0709 Kebumen di Jalan Lingkar Selatan Kebumen akan memperluas kawasan Kota Kebumen. Harapannya, dalam 3 hingga 5 tahun ke depan, kawasan sekitar Makodim akan berkembang dengan pesat.

 

Pembangunan Makodim 0709 Kebumen dengan anggaran tahun 2021, diharapkan rampung sebelum akhir tahun. Namun belum semua fasilitas karena banyak anggaran yang difokuskan untuk penangangan Covid-19.

 

“Untuk tahun ini dibangun perkantoran dan fasiltas pendukung seperti rumah dinas Dandim, Kasdim, poliklinik, tempat ibadah dan lainnya,” ungkap Pangdam.

 

Adapun Makodim 0709 Kebumen dibangun dengan tampilan berbeda dibanding Makodim lainnya. Bahkan akan menjadi yang terbaik dari segi desain dan tata letak.(K24/IMAM).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24