KEBUMEN, Kebumen24.com – Guna memastikan Paskah 2021 berjalan aman, lancar, dan kondusif. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melaksanakan peninjauan dan pemantauan ke sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini sekaligus untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan sesuai anjuran pemerintah.

Peninjauan dilakukan bersama Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, Jumat 2 April 2021. Turut hadir mengikuti Sekda Kebumen Ujang Sugiono berserta para OPD dIlingkungan Pemkab Kebumen.

Adapun gereja yang didatangi yakni ada tiga tempat. Pertama di Gereja Kota Kebumen, Kebumen Gereja Kristen Jawa Kutowinangun, dan Gereja Kerasulan di Ambal. Bupati melihat langsung proses peribadatan Hari Paskah berlangsung penuh khidmat dan lancar.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan selamat kepada masyarakat yang tengah melaksanakan ibadah hari paskah 2021 dan berharap agar terus menjalin persatuan dan kesatuan. Terlebih menjelang datangnya bulan suci romadhon.

Selain itu, Bupati Arif mengatakan pemantauan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak sebelum hari paskah oleh jajaran Polres Kebumen dan Kodim 0709 Kebumen. Menurutnya, ini menunjukan sinergitas antara TNI-Polri dan seluruh masyarakat serta stakeholder terjalin sangat baik. Dengan begitu diharapkan terwujud Kabupaten Kebumen yang aman dan kondusif.

‘’ Bersama TNI POLRI dan pihak terkait Kami telah melakukan sejumlah pengamanan untuk mengawal pelaksanaan ibadah Paskah 2021 di semua gereja yang ada di Kebumen. Silahkan beribadah dengan tenang, dan nyaman, kita dari aparat siap memberikan pengamanan. Semoga selalu berjalan lancar dan damai,” ucap Arif.

 

Terkait aksi terorisme, Bupati secara tegas mengutuk keras dan menyatakan bahwa perbuatan itu sangat tercela dan tidak beradab. Dirinya menilai, prilaku terorisme dengan bunuh diri dan membunuh orang lain adalah tidakan yang tidak dibenarkan oleh semua agama. Untuk itu, pemkab Kebumen terus melakukan upaya upaya pencegahan dan mengantisipasi agar aksi terorisme atau gerakan gerakan radikalisme tidak terjadi di Kabupaten Kebumen.

“Kita mengutuk keras aksi terorisme. Ajaran ini sangat bertentangan dengan agama manapun. Untuk itu Pemkab Kebumen agar terus melakukan upaya guna mengantisipasi adanya terorisme. Dan Insya Alloh Kebumen tidak ada gerakan gerakan terorisme,’’imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Kebumen mengungkapkan dalam rangkaian pengamanan Paskah 2021 pihaknya telah menerjunkan ratusan personel dan dibantu dari TNI dan Pemerintah Daerah yang semuanya terlibat secara langsung melakukan pengamanan hingga sampai selesai.

‘’ Untuk pengamanan Hari Paskah akan kami lakukan selama empat hari dari Kamis sampai Minggu, dan kami sudah menerjunkan 400 lebih personel terdiri dari unsur Polisi serta dibantu oleh TNI, Linmas, dan juga Banser untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi,’’jelas Kapolres.

Hal senada juga diungkapkan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, dimana untuk mendukung pengamanan perayaan hari paskah ini, pihaknya telah menerjunkan 2 personelnya di setiap gereja gereja yang ada di Kebumen.

‘’ Pada dasarnya TNI siap membantu dan mendukung Polri dalam kondisifitas di masyarakat. Khususnya saat ini menjaga keamanan bagi umat Kristiani yang sedang menjalani ibadah Paskah. Kita sudah menempatkan dua Babinsa untuk ikut menjaga gereja yang ada di Kebumen,” ungkap Dandim 0709 Kebumen.(K24/THR).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24