Paslon Tunggal, Dipilih Bukan Tanpa Dasar

oleh -
k24

KEBUMEN, Kebumen24.com- Sebagian banyak masyarakat pasti bertanya tanya kenapa pilkada Kebumen 2020 hanya memunculkan satu Paslon. Selain itu adanya paslon tunggal juga terkesan seolah olah telah merampas kebebasan hak berdemokrasi.

Terkait hal itu Ketua DPC PDIP Kebumen Saiful Hadi menjelaskan bahwa calon tunggal adalah sah dan telah diatur pada undang undang pilkada Nomor 10 tahun 2016 pasal 54 C. Menurutnya, hal ini juga sudah sangat demokratis dikarenakan bersanding dengan Kolom Kosong.

Untuk itu sudah menjadi tugas partai politik memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat, bahwasannya calon tunggal dipilih bukan tanpa dasar, melainkan paslon tunggal juga telah melalui berbagai tahapan dan proses yang cukup panjang.

‘’ Sebelum muncul satu paslon sudah dilakukan berbagai upaya melalui penjaringan hingga rekom, begitu pula bagi yang mendaftar melalui jalur independen. Maka jika ditinjau dari Demokrasi Pancasila, inilah yang disebut dengan Demokrasi mufakat, cuma tetap harus coblosan tidak bisa langsung dilantik,” jelas Saiful Hadi.

Meskipun demikian, pihaknya lebih menekankan kepada masyarakat bahwasannya Pasangan Calon yang memiliki visi misi dalam hal ini Arif Rista adalah pilihan terbaik dengan harapan dapat membawa Kebumen kedepan lebih baik.

‘’ Berbeda hal nya dengan Kolom Kosong yang tidak memiliki visi misi dan tidak memiliki janji politik, dikarenakan yang menjabat nantinya adalah PLT yang ditunjuk langsung oleh gubernur, dan kemungkinan besar tidak mengetahui permasalahan yang dihadapi Kebumen saat ini.’’imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa meski didukung penuh dari 9 Partai Politik yang ada di Kebumen, bukan berarti tidak ada pengawasan untuk pengawalan visi misi. Akan tetapi visi misi tersebut merupakan prioritas agar bisa dirasakan hingga ke masyarakat, dan menjawab Pekerjaan Rumah Kebumen.

” Tentang PR di kebumen melalui anggota dewan kami kami akan mengkawal agar visi misinya dijalankan sebagai prioritas utama kelangkaan pupuk harus teratasi, insfratruktur yang jelek harus segera diatasi bagaimana vokus mengentaskan kemiskinan ini tiga hal yang pokok, hal hal yang prioritas akan kami kawal,”ucap Saiful Hadi.

Ditegaskan Saiful Hadi, pihaknya tidak segan segan untuk mengingatkan bahwasannya janji politik paslon jika menjadi Bupati nanti. Salah satunya fokus terhadap pengentasan kemiskinan, dimana dapat terciptanya lapangan pekerjaan dan kendala kendala lainya seperti kelangkaan pupuk maka akan dikawal terus.

” Jadi kami tidak segan segan untuk mengingatkan beliau bahwasannya janji beliau fokus insfratruktur lapangan pekerjaan untuk mengurangi kemiskinan kemudian kelangkaan pupuk ini akan kita kawal agar nanti betul betul sesuai dengan janjinya,” tegas Saiful Hadi.(K-24/IMAM)