Pandemi Covid Belum Berakhir, 1.218 Calhaj Kebumen Kembali Batal Berangkat

oleh -
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kebumen H Panut Rabu 9 Juni 2021 saat ditemui dikantornya

KEBUMEN, Kebumen24.com – Adanya Pandemi Corona yang belum berakhir menyebabkan 1.218 Calon Jamaah Haji Kebumen dinyatakan batal berangkat tahun 2021 ini. Pembatalan berdasarkan Keputusan Meteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021, tentang Pembatalan Pemberangkatan Penyelenggaraan Haji Tahun 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kebumen H Panut Rabu 9 Juni 2021 saat ditemui dikantornya. Ia mengatakan calon jamaah yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) akan menjadi Jamaah Haji Penyelenggaraan tahun berikutnya.

”Kemenag Kebumen juga telah mensosialisasikan Keputusan Menteri Agama tersebut kepada Calon Jamaah Haji. Ini melalui KUA dan KBIH,”ucapnya.

Disampaikan pula Kemenag juga akan membantu bagi Calon Jamaah Haji yang hendak mengambil biaya pelunasan saja. Ini  agar nomor porsi masih berhak. Namun demikian Kemenag juga menyarankan agar biaya pendaftaran tidak diambil.

“Karena kalau biaya pendaftaran diambil, diambil otomatis mengundurkan diri dan nomor porsi hilang,” katanya.

Untuk itu, masyarakat tetap diimbau agar bersabar dalam menghadapi Wabah Corona ini. Patuhi aturan dan arahan dari pemerintah dan selalu berdoa.

Pembatalan pemberangkatan haji kali ini merupakan kali kedua. Sebelumnya pembatan atau penundaan juga terjadi di tahun 2020. Kala itu merupakan awal Pandemi Corona.

Di tahun 2020 semua persiapan terkait pemberangkatan juga telah dilaksanakan. Ini meliputi pengiriman dokumen haji berupa paspor, foto, serta lembar pelunasan kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.  Dokumen tersebut (paspor, foto, lembar pelunasan, dan lembar bukti meningitis) merupakan persyaratan pengusulan visa jamaah haji.

Calon Jamaah Haji di Kabupaten Kebumen Tahun 2020 lalu, yang telah melakukan pelunasan baik pada tahap kesatu maupun kedua terdapat sebanyak 1.209 orang. Ini terdiri dari terdiri dari 575 Calon Jamaah Haji laki-laki dan 634 Calon Jamaah Haji perempuan.(K24/Imam)

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24