Obyek Wisata Kembali Dibuka, Bupati Bakal Tutup Kembali Jika Abaikan Prokes

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Setelah diberlakukannya aturan penutupan seluruh Obyek Wisata di Kebumen pada 1 Syawal hingga 3 Syawal atau 13 – 15 Mei 2021, mulai hari ini, Minggu 16 Mei 2021, seluruh Obyek Wsiata di Kebumen kembali dizinkan untuk dibuka menerima para pengunjung, dengan catatan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Guna memastikan pelaksanaan protokol kesehatan berjalan dengan baik, Pemkab Kebumen melaksanaan Monitoring di sejumlah Obyek Wisata di Kabupaten Kebumen. Monitoring dipimpin langsung Oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih serta Kapolres Kebumen AKBP Yanottama, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono beserta para OPD terkait.

Dalam kegiatan ini, monitoring terbagi menjadi dua Tim. Tim pertama dalam hal ini Bupati, mendatangai sejumlah obyek wisata seperti Goa Jatijajar, Pantai Menganti di kecamatan Ayah dan Pantai Suwuk Kecamatan Puring. Sedangkan untuk tim dua Wakil Bupati mendatangi Obyek wisata pemandian Air Panas Krakal Alian, Bukit Pentulu Indah Karangsambung dan Embung Cangkring Kecamatan Sadang.

Bupati Arif mengatakan, hasil pantauan ke sejumlah obyek wisata bahwa pengelola sudah menerapkan aturan pemerintah. Yakni protokol kesehatan dengan mengecek suhu setiap pengunjung, memastikan menggunakan masker dan menyemprotkan handsanitizer.

“Pengunjung yang masuk juga sudah dibatasi sesuai aturan 30 persen,” katanya.

Arif mengklaim, pihak Forkopimda dan Forkopimcam bersinergi dalam edukasi dan mengarahkan masyarakat untuk patuh protokol di obyek wisata. Namun, dirinya juga sedikit menyesalkan kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai. Seperti ruas jalan menuju Pantai Menganti.

“Ini jalannya masih sempit,” imbuhnya.

Bupati meminta pada pengelola untuk tegas dalam menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjung. Disisi lain, pengunjung juga dimintanya untuk mematuhi segala kebijakan pemerintah dan pengelola untuk patuh protokol.

“Pengelola harus berani mendisiplinkan pengunjung. Jika tidak patuh protokol bisa kami tutup lagi,” tegasnya.

Sementara itu Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menambahkan, pihaknya juga sudah menerjunkan aparat kepolisian untuk melakukan pemantauan setiap hari di semua objek wisata yang ada di Kebumen. Pihaknya bahkan menerjunkan para Polwan untuk turut serta membagikan masker.

“Kita dari aparat kepolisian setiap hari juga melakukan pemantuan kondisi di lapangan. Alhamdulillah semua terlihat berjalan kondusif, prokes berjalan dengan baik, kita juga turut mengerahkan Polwan untuk membagikan masker kepada pengunjung bagi yang kelupaan dengan pendekatan yang humanis,” tegas Kapolres. (k24/imam)

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24