Obyek Wisata di Kebumen Kembali Buka, Songging Water Park Belum Dapat izin Dari Gubernur

oleh -
FOTO Oyek Wsiata Songging Water Park,

ADIMULYO, Kebumen24.com – Setelah beberapa bulan seluruh tempat wisata di Kebumen di tutup akibat adanya pandemi corona, kini akhirnya pemerintah Kabupaten Kebumen telah kembali mengizinkan untuk membukanya kembali. Kendati begitu tidak semua tempat wisata di izinkan kembali buka lantaran harus menunggu izin dari Gubernur Jawa Tengah.

 

Seperti halnya obyek wisata Songging Water park yang berada di Desa Candi Wulan Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen. Sampai hari ini, masih harus menunggu izin dari pemprov jawa tengah.

 

Hal itu diugkapkan Paryati, selaku Owner Songging Water Park pada acara Pertemuan rutin Forum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kebumen, yang berlangsung Sabtu 25 Juli 2020, di Songging Water Park setempat.

 

‘’ Sudah 4 bulan wisata kami tutup, dan kami juga sudah mengajukan izin mengajukan verifikasi ke Dinas Pariwisata. Namun katanya harus nunggu intruksi dari Gubernur,’’ujar Paryati.

 

FOTO Paryati, Owner Songging Water Park

Untuk itu Pihaknya  berharap kepada pemerintah agar wisatanya bisa segera dibuka dengan tetap akan mengedepankan rasa aman, nyaman, sehat, serta menjaga protokol kesehatan.

 

“Kami berharap wisata ini segera mendapat izin untuk dibuka kembali. Tentunya kami pasti akan mengedepankan rasa aman, nyaman sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah,’’imbuhnya.

 

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disporawisata Kabupaten Kebumen Martinus Yudantoro mengatakan, sejak tanggal 15 Juli 2020 lalu, seleuruh obyek wisata di Kebumen telah kembali dibuka. Akan tetapi  setiap pengelola wisata diwajibkan mengajukan permohonan izin buka melalui Disporawisata. Setelah itu, akan dilakukan pengecekan untuk melihat sejauh mana persiapan sarana dan prasana penerapan protokol kesehatan oleh Tim Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Kebumen. Hal itu dilakukan, untuk memastikan seluruh tempat wisata aman saat di kunjungu wisatawan.

 

“Sudah adas ekitar 25 pengelola wisata yang telah mengirimkan permohonan kepada kami, dan sudah kami cek, bahkan sebagai sudah mulai buka,’terangnya.

 

FOTO KEGIATAN POKDARWIS ADIMULYO

Terkait wisata kolam renang seperti Songging Water Park, Martinus mengaku hingga saat ini masih belum diperbolehkan untuk dibuka, lantaran harus mendapat izin dari Gubernur Jawa Tengah.

 

“Untuk sebagian wisata di Kebumen memang sudah boleh di izinkan buka, namun khusus wisata seperti kolam renang harus menunggu instruksi Gubernur,’’jelasnya.

 

Turut hadir pada kesempatan itu, Ny Zuhroh Yazid Mahfud selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen, Retno Hari Nugroho (Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Adimulyo), Kuatno (Kepala Desa Candiwulan) sertaTaufik Hidayat (Ketua Forum Pokdarwis Kabupaten Kabumen). Kegiatan itu bertujuan untuk membangun sinergitas dengan Pemerintah Desa, Bumdes, dan Lembaga Desa. (K24/Arta/Zetty PKL)