Nguri nguri Budaya, Mahasiswi KKN UIN Walinsongo Ajarkan ‘’Tari Candik Ayu’’ ke Siswa SD

oleh -
k24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Sebagai upaya untuk turut melestarikan budaya warisan luluhur bangsa, mahasiswi KKN Walinsongo Semarang kelompok 103 mengajak anak anak untuk berlatih menari. Tari bernama ‘’Candik Ayu’’ itu diajarkan kepada para siswa SD di RT 02/RW02, Dukuh Ubil, Desa Tegaletno Kecamatan Petanahan Kebumen.

 

Dalam Pelatihan yang berlangsung Kamis 15 November 2020 itu, sedikitnya diikuti 15 peserta dan dipandu langsung oleh Hilmy Nur Firdaus (22), Mahasiswi  Jurusan Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuludin dan Humaniora. Kegiatan disambut penuh antusias oleh para peserta.

 

Disela sela kegiatan, Hilmy Nur Firdaus menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kesenian tari tradisional kepada anak-anak dan sekaligus Nguri nguri budaya lokal agar tidak musnah digerus majunya jaman.

 

“Ini bentuk keprihatinan kami, karna banyak anak anak sekarang tidak kenal dengan budayanya sendiri dan justru cendrung lebih suka dengan budaya luar, seperti k-pop. Untuk itu kita ingin mengenalkan budaya budaya asli bangsa kita kepada mereka,’’ujar Mahasiswi Semester 7 itu.

 

Adapun Tari Candik Ayu yang diajarkan, lanjut Mahasiswi yang akrab dispa Hilmy itu, tari ini cukup sederhana dan gampang untuk diikuti bagi pemula. Dengan begitu sangat mudah dan anak-anak tidak akan kesulitan untuk menirukan gerakan tari tersebut. Rencananya, kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali, akan tetapi rutin seminggu sekali.

 

“Semoga pelatihan ini bermanfaat untuk anak-anak, selain melestarikan budaya latihan tari juga dapat menyehatkan badan seperti olahraga,’’harap Mahasiswi yang identik berkacamata itu.(K24/THR).