Nggak Perlu Nunggu Hari, Urus Izin Praktek Nakes Sekarang Hanya Hitungan Jam

oleh -119 views
k24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, berbagai inovasi terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Salah satunya yakni dengan meluncurkan inovasi baru, bernama ‘’Layanan Perizinan Tenaga Kesehatan Empat Jam Menuju Pelayanan Prima’’. yaitu profesional, responsif, inovatif maju dan akuntabel.

 

Program inovasi aksi perubahan yang diinisiasi oleh Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kebumen Triyanto SKM, MSI, ini secara resmi di launching oleh Kepala Dinkes kebumen Dwi Budi Satrio di Aula 1 Dinas Kesehatan setempat, Jumat 20 November 2020. Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinkes Kusbiyantoro, para Kabid, serta para nakes se Kabupaten Kebumen.

 

Pada kesempata itu Riyanto menjelaskan, layanan perizinan empat jam berbasis teknologi ini merupakan program aksi perubahan untuk efisiensi kinerja khususnya administrasi bidang perijinan nakes. Sehingga diharapkan nakes tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengurus ijin karena bisa diurus hanya dalam waktu 4 jam. Dimana sebelumnya pelayanan izin prakter bisa memakan waktu sampai 3 hari.

 

Adapun tenaga kesehatan yang dimaksud yaitu melaiputi 25 profesi, seperti dokter umum, dokter gigi, bidan, serta perawat dan lainya. Dengan layanan ini nakes hanya cukup mengupload bebersapa persaratan, yang pertama yakni scan/foto str,  scan/foto ukuran 4×6, scan/foto surat persetujuan atasan dan scan/foto rekomendasi organisasi profesi. selanjutnya cukup pilih satu scan atau foto dan pastikan gambar terlihat jelas.

 

Kemudian untuk prosedur pengisiannya yaitu buka tautan akses di alamat bit.ly/ijinnakesdinkes, isi data secara lengkap pada google form, pastikan mengunggah persyaratan dengan lengkap dan surat ijin dapat diambil langsung atau dikirim ke alamat emailpemohon. Pelayanan dibuka mulai pukul 09 ; 00 wib hingga pukul 16 ; 00 wib pada hari kerja di mall pelayanan public Kebumen.

 

‘’ Untuk pelayanan kita di MPP Kebumen, dalam sehari bisa dua kali proses, mulai pukul 9 pagi sampai dengan 13; 00 wib, dan mulai pukul 12 ; 00 sampai dengan 16 ; 00 wib,’’jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kebumen menyambut baik adanya inovasi tersebut, Pihaknya berharap program ini dapat menjadi pelayanan yang baik untuk mendukung terwujudnya layanan kesehatan masyarakat.

 

‘’ Ini sangat bagus dan harus dikembangkan dengan memamfaatkan teknologi. Jadikan ini sebagai awal agar kedepan masyarakat bisa memilih sendiri layanan apa yang mereka butuhkan,’’ujarnya Budi Satrio.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan