Muncul Kluster Pesantren, 400 Santri di Kebumen Jalani Pemeriksaan Swab

oleh -541 views
FOTO SANTI DI SWAB

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Adanya kluster covid 19 di Pesantren, Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan Swab terhadap para santri di Rumah Sakit Darurat Kelurahan Panjer Kebumen. Kegiatan diikuti 400 Santri dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung, Kecamatan Kebumen, Senin 21 September 2020.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr. Dwi Budi Satrio Menjelaskan, Pengambilan Swab ini dilakukan agar bisa diketahui secara pasti berapa jumlah santri yang telah terkonfirmasi Covid 19. Terlebih dari pemeriksaan swab sebelumnya, terdapat 60 Santri yang dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona.

 

FOTO SANTRI SEDANG MENJALANI SWAB

Selain itu, swab juga bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di lingkungan pesantren. Mengingat, kemungkinan terkonfirmasi positif covid di pesantren sangatlah berpelung sekali. Rencananya, Pemeriksaan swab ini juga akan dilakukan terhadap para santri Pondok Istiqomah Petanahan pada Rabu 23 September 2020.

 

‘’Sebelumnya sebanyak 53 santri kita swab dan hanya 1 yang negatiFe, maka dari itu kita ingin seluruh santri kita lakukan swab agar nantinya bisa diketahui secara pasti mana yang positif mana yang tidak. Jadi kita bisa pisahkan,’’ungkapnya.

 

Kepada masyarakat khususnya di lingkungan Ponpes dihimbau untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dengan cara menerapkan pengetatan protokol kesehatan agar kluster baru di Kebumen tidak muncul kembali.(K24/IMAM).

 

TONTON VIDEONYA :

Tinggalkan Balasan