Mulai Hari ini, Masjid Agung Kebumen Resmi Kembali Dibuka Untuk Sholat Berjamaah

oleh -
FOTO TIM GUGUS SEDANG SUJUD SYUKUR DI MASJID KAUMAN KEBUMEN

KEBUMEN, Kebumen24.com – Setelah Kebumen dinyatkan Zero Covid 19, Masjid Agung Kebumen resmi dibuka yang sebelumnya ditutup karena pandemi virus corona. Dengan dibukanya masjid tersebut makan secara otomatis mulai hari kembali boleh digunakan untuk kegiatan sholat berjamaah.

 

Pembukaan secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Forkompimda  Kabupaten Kebumen termasuk Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kamis 11 Juni 2020.

 

Foto Kegiatan pembukaan Masjid Kauman Kebumen Kamis 11 Juni 2020

Dalam pembukaan tersebut, seluruh Tim Gugus Tugas Covid 19 Kebumen juga berksempatan melakukan sujud syukur di dalam Masjid seraya berdoa agar status zero positif covid-19 di Kebumen terus bertahan.

 

Untuk itu, para Jamaah tetap harus menerapkan protokol kesehatan karena pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung di tingkat global.

 

“Warga masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” jelas Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

 

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Kebumen Kh Dawmudin Masdar mengatakan, para jamaah haru mengikuti maklumat protokol ibadah di Masjid Agung Kebumen yang dipasang di samping pintu gerbang Masjid. Pada maklumat tersebut ada beberapa hal yang harus dipatuhi para jamaah selama pandemi virus corona covid-19.

 

Diantaranya jamaah diwajibkan memakai masker saat berada di lingkungan Masjid Agung Kebumen. Para jamaah membawa sajadah masing-masing. Kepada jamaah yang sedang sakit, diimbau untuk beribadah secara mandiri di rumah masing-masing.

 

‘’ Bagi Jamaah yang usia lanjut dan mempunyai bawaan sakit, serta anak-anak di bawah umur 12 tahun sementara dilarang masuk ke area Masjid Agung. Dan Jamaah yang akan masuk ke kompleks Masjid, wajib dicek suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan Masjid Agung Kebumen,’’ucap Dawamudin uang juga Ketua PCNU Kebumen  itu.

 

Terkait hal itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan Mengatakan Pihaknya mendukung upaya pemerintah dan ikut memantau jalannya new normal dalam pelaksanaan ibadah di Masjid Agung Kebumen.

 

“Melalui petugas patroli, akan kami ingatkan para jamaah untuk tetap mengenakan masker serta menerapkan protokol kesehatan. Semoga Kebumen bisa terus bertahan dalam status zero positif covid-19,” ungkap AKBP Rudy. (K24/THR)