Masyarakat Depokrejo Sepakat dengan Pembangunan Drainase

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Pembebasan lahan untuk pembuatan jalur irigasi di Desa Depokrejo akhirnya telah di sepakati warga. Untuk itu jalur irigasi sepanjang 800 meter tersebut akan segera terealisasi pada tahun depan.     

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Dokumen Kesepakatan dan Dokumen Pembayaran Ganti Rugi Tanah pada Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum Tanah untuk Pembangunan Drainase Adikarso – Depokrejo. Pandatangangan dilakukan di Kantor Desa setempat Kamis, 09 September 2021.

Salah seorang warga  Desa Depokrejo Ahmad Toha mengatakan kesepakatan ini terjadi setelah proses diskusi bersama antara warga dengan pemerintah. Hasilnya para warga menyerahkan tanahnya dengan harga yang telah ditentukan oleh Pemkab yakni Rp 1.700.000,- per meternya.

‘’ Kami dan warga lain juga tampal legowo dengan keputusan yang ada, dikarenakan jalur irigasi tersebut untuk kepentingan bersama.;;ucapnya.

Dirinya berharap dengan dibangunnya jalur irigasi di desanya, aliran air bisa kembali lancar. Dan warga Desa Adikarso bisa terbebas dari banjir yang menahun dialami.

” Mudah mudahan permasalahan banjir di ujung di desa Adikarso biar bisa tertangani, jadi sama sama desa yang satu menolong desa yang lain,” Ucapnya.

Sementara itu Kabid Binamarga Dinas PUPR Kebumen Bachtiar Akhmad mengatakan melalui kesepakatan ini Pemerintah siap memfasilitasi pembuatan rekening BPD Bank Jateng untuk masyarakat yang terdampak. Rencananya Pembayaran akan dilakukan pada bulan Oktober 2021 mendatang. Sementara itu terkait dengan kendala, seperti halnya sertifikat yang belum atas nama ahli waris, pemerintah juga akan memfasilitasinya.

” Yang sudah beres kita transfer dulu, untuk yang belum kita juga akan membantu memfasilitasinya,” Terangnya.

Terkait dengan pembangunan drainase Bahtiar menadaskan bahwa pemerintah akan bekerjasama dengan Balai Besar Jalan Nasional ( BBJN) untuk membuat sodetan di jalan lingkar selatan Kebumen, atau tepatnya perempatan terminal Kebumen. Sedangkan untuk memulainya akan dikerjakan pada tahun depan.

” Ini sudah deal clear kita juga akan menyurat ke BBJN untuk membuat crosing di jalan nasional, kemungkinan tahun depan kita mulai pembangunan yang diselatan,” Pungkasnya.(K24/IMAM)