Mamnfaatkan Lahan Kosong, Pemuda di Buluspesantren Tanam Jambu Krital

oleh -

BULUSPESANTREN, Kebumen24.com,- Lahan kosong atau terbengkalai, masih banyak ditemui di pedesaan. Padahal jika diolah akan menjadi lebih asri dan mendatangkan rezeki.

Melihat kondisi tersebut, Farid Firmansyah seorang pemuda asal Desa Tambakrejo Kecamatan Buluspesantren mencoba memanfaatkan ladang kosong tidak terpakai untuk ditanami jambu kristal. Sedikitnya ada sekitar 100 bibit dipersiapkan untuk penanaman awal di pekarangan seluas 1000 meter persegi.

‘’ Meski sulit karena rimbunnya semak belukar, akhirnya bisa dibersihkan,’’ujarnya Kamis, 21 September 2021.

Dirinya tertarik untuk menanam jambu kristal dikarenakan jenis buat tersebut merupakan tanaman tropis yang sangat mudah sekali tumbuh. Disamping itu tidak mengenal musim, sehingga dapat berbuah sepanjang waktu.

‘’Selain itu memiliki nilai ekonomi, harga di pasaran juga mencapai Rp 7 ribu sampai Rp 10 ribu.  Tanaman ini, mudah dan murah yang artinya mudah ditanam dan berbuah, meskipun belum tahu hasilnya tapi kalo dirawat dengan baik hasilnya pasti bagus” Ucapnya.

Sebelum mencoba membudidayakan jambu tersebut, ia telah belajar kepada teman yang lebih dulu bergelut di budidaya jambu kristal. Termasuk juga memasok bibit.

” Awalnya si lihat ke kebon teman dan hasilnya bagus, jadi saya coba untuk menanamnya karena ya teman saya itu mau untuk membimbing sampai saya bisa,” Tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada para generasi muda agar tetap semangat di masa pandemi covid 19 saat ini. Terutamanya, untuk menggeluti dunia pertanian, dikarenakan semua orang pasti akan membutuhkan hasil dari pertanian itu sendiri.(k24/imam).