Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Media Sosial

oleh -182 views
KKN

KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam bermedia sosial, masyarakat diajak untuk cerdas dan bijak menggunakannya agar tidak terhindar dari hal hal negatif dan isu hoax. Selain itu masyarakat juga diminta bisa memamfaatkan media sosial untuk hal yang positif dan sebagai sarana kominkasi sosial khususnya ditengah pandemi covid 19.

 

Hal ini disampaikan Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Emilia Palupi Ambarsari, saat menggelar sosialisasi Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital, yang berlangsung di Panti Asuhan As-salam Istiqomah Pejagoan Kebumen, Senin 16 November 2020.

 

Dalam kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN 103 itu, Emilia menjelaskan perkembangan media sosial itu menyentuh seluruh aspek masyarakat termasuk anak-anak panti, baik dari tingkat tingkat SMP maupun SMA. Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak khususnya di panti asuhan bisa menggunakan media sosial dengan cerdas, bijak dan baik.

 

‘’ Di era teknologi sekarang ini, kita harus cerdas dan paham bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak serta cara memanfaatkannya,’’ujarnya.

 

Lebih jauh Emilia menjelaskan bahwa yang dimaksud Cerdas bermedia sosial yakni dapat memanfaatkan media dengan mengambil sisi positif dan menghindari sisi negatifnya. Adapun caranya yaitu tidak mudah menyebarkan informasi yang sekiranya belum jelas asal usul sumbernya.

 

‘’ Jadi kita juga harus bisa memfilter antara hal-hal positif dan negatif di media sosial. Kalo istilah bahawa jawanya ‘’ Jiko apike dibuang eleke, gitu,”imbuhnya.

 

Sementara itu, Pengurus Panti Asuhan Eko Bambang S mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain itu dirinya juga menyampaikan terimakasih dan berharap sosialisasi ini dapat bermamfaat khususnya anak anak panti.

 

‘’ Kami sangat berterimakasih sekali adanya acara ini, menurut saya ini penting karna sekarang semua serba digital. Salah satu contoh sekolah sekarang juga online. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kita,” ucapnya.

 

Selain memberikan sosialisasi, pada kesempatan itu juga dilakukan pemberian hadiah doorprize untuk anak-anak panti asuhan. Doorprize dibagikan kepada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait sosialisasi dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian kepada mereka.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan