Lomba Layang layang dapat Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

oleh -76 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Dalam rangka melestarikan dolanan jaman dulu, Desa Sinungrejo Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, menggelar perlombaan Layang layang tradisional. Perlombaan atas kerjasama dengan Gandeng BPJS Ketenegakerjaan ini diikuti hingga 125 peserta.

Layangan yang diperlombakan pun cukup unik, diantaranya, Pegon, Bapangan dan Tanggalan. Kegiatan berlangsung meriah di lapangan desa setempat, Minggu 25 September 2022.

Ketua Panitia Perlombaan Layang Layang Desa Sinungrejo Ambal Munadi menjelaskan Perlombaan, ini memperebutan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 1,250 ribu dan berbagai hadiah doorprize lainnya. Sedangkan untuk penilaiannya, dihitung dari durasi penerbangan. Kemudian diturunkan secara bertahap dari ketinggian 25 meter menjadi 10 meter hingga 5 meter.

‘’ Dari situ, nanti Dewan juri bisa melihat, layangan mana yang bisa bertahan terbang,’’jelasnya.

Sementara itu, Account Officer BPJS Ketenagakerjaan Yosep Kristian menjelaskan, dalam perlombaan ini seluruh peserta mendapatkan asuransi kecelakaan kerja dan perlindungan kematian dengan iuran sebesar Rp 16.800/bulan. Jaminan ini berlaku bagi para pekerja di sektor infomal, salah satunya para pengrajin Layang layang.

Untuk jaminan kecelakaan kerja ruang lingkupnya saat mengukuti kegiatan ekonomi, dari berangkat sampai pulang. Ini meliputi kecelakaan kerja biaya pengobatan, santunan cacat, hingga meninggal dunia sebesar Rp 70 juta. Termasuk diberikan beasiswa kepada anak mereka mulai dari TK hingga Perguruan tinggi.

‘’ Ini maksimal 2 anak kemudian santunan meninggal diluar kecelakaan kerja karena sakit meninggal mendadak, sama juga anaknya disekolahkan hingga Perguruan tinggi, dua program itu, iurannya hanya Rp 16800/bulan. Menariknya disini tidak ada denda  karena ini sifatnya pekerja informal yang tidak bekerja di pabrik ataupun pekerja formal,” terangnya.(k24/*).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24

One thought on “Lomba Layang layang dapat Asuransi BPJS Ketenagakerjaan