Hasil Audit Dana Kampanye Arif-Rista Dinyatakan Patuh

oleh -
K24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Hasil audit penggunaan dana kampanye Arif-Rista dinyatakan memenuhi syarat kepatuhan. Hal itu susuai dengan hasil audit laporan penggunaan dana kampanye pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kebumen yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik atau AKP.

 

Hasil audit dana kampenye itu selanjutnya diserahkan oleh KPU Kebumen kepada tim pemenangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih di Kantor KPU Kebumen Rabu 23 Desember 2020.

 

Adapun Tim Pemenanangan Arif-Rista diwakili oleh Lulus Tri Paryadi sebagai Sektretaris Tim, H. Tongat Bendahara I, Dwi Feri Tulasti Utami Bendahara II, dan Sigit Widodo LO Paslon, serta Andri Setyabudi LO Dana Kampanye.

 

Dijelaskan Ketua KPU Kebumen Yulianto bahwa tahapan pelaksanaan audit dana kampanye telah dilakukan oleh KAP Ruchendi, Mardjito, Raharja (RMR) pada 7-21 Desember 2020.

 

“Sesuai dengan hasil Laporan Ansurans Independen yang disampaikan oleh KAP Ruchendi Mardjito Rahardja yang beralamat disemarang kepada KPU Kabupaten Kebumen bahwa kesimpulan hasil Audit Dana Kampanye Pasangan Calon Bupati Arif Rista dinyatakan Patuh,”terang Yulianto.

 

Selain itu, Yulianto juga menyebutkan, dari data laporan dana kampanye paslon yang disampaikan ke KPU Kebumen total penerimaan sumbangan dana kampanye pasangan Arif-Rista sebesar Rp.900.000.000 dan total Pengeluaran Dana Kampanye Rp. 895.000.000. Saldo Akhir direkening Dana Kampanye sebesar Rp. 4.578.661.

 

Dengan selesainya penyerahan audit dana kampanye Yulianto mengatakan proses Pilkada di Kebumen tinggal menunggu satu tahap lagi, yakni penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih (Arif-Rista). Penetapan itu rencana akan berlangsung pada Januari 2021. Saat ini KPU Kebumen masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk penetapan pasangan calon terpilih Pilkada 2020,.

 

‘’ Hingga saat ini tidak ada laporan ataupun gugatan selama tiga hari setelah pelaksanaan pleno tingkat kabupaten, untuk itu MK telah menjadwalkan akan mengeluarkan BRPK Januari 2021,’’imbuh Yulianto.

 

Yulianto menyampaikan jika BRPK sudah diterima, selambat-lambatnya lima hari setelahnya maka dibolehkan untuk menetapkan pasangan calon yang terpilih.

 

“KPU Kebumen tinggal menunggu BRBK dari MK. Nanti setelah BRBK diterima, proses selanjutnya adalah tinggal menjadwal rapar pleno penetapan paslon terpilih. Setelah penetapan selanjutny adalah penyerahan dokumen penetapan untuk selanjutnya dilakukan pelantikan,” terangnya.

 

Perlu diketahui, Pilkada Kebumen 2020 hanya memiliki satu paslon tunggal, yakni Arif-Rista. Berdasarkan hasil penetapan perolehan suara, paslon Arif-Rista dinyatakan unggul dari kolom kosong.

 

Paslon Arif-Rista berhasil unggul 60,8 persen, adapun kolom kosong 39,2 persen dengan rincian Arif-Rista memperoleh 389.463 suara. Sedangkan pemilih yang memilih kolom kosong atau kotak kosong sebanyak 250.821 suara. Adapun total suara tidak sah 23.918 suara. (K24/IMAM)

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24