Kirim Bantuan Makanan ke Pesantren, Tim Jogo Santri Kebumen Terobos Genangan Banjir

oleh -289 views
FOTO KETUA RMI SEDANG MENYERAHKAN BANTUAN MAKANAN KEPADA SANTRI AL KAHFI

KEBUMEN, Kebumen24.com – Akibat dapur terendam banjir, sekitar 1500 santri pondok pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen kesulitan mendapatkan makanan. Melihat Kondisi tersebut Tim Jogo Santri dari RMI NU Kebumen pun menerobos banjir yang mengisolir komplek pondok dengan menggunakan perahu karet untuk memasok makanan.

 

Banjir susulan yang terjadi di komplek pondok pesantren Desa Sumberadi Kebumen pada Selasa 27 Oktober 2020 kemarin pagi itu menyebabkan dapur pondok kembali terendam. Santri dan pengurus pondok pun tidak bisa memasak makanan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 1500 santri. Akibatnya selasa pagi ribuan santri ini tidak memperoleh sarapan.

 

Mengetahui hal tersebut Tim Jogo Santri dari RMI NU Kebumen bersama PMI, BPBD dan lembaga bantuan bencana NU menayalurkan bantuan makanan kepada para santri yang terisolir.

 

Bantuan makanan dilakukan secara bertahap karena kapasitas perahu karena dan sulitnya menjangkau lokasi pondok. Untuk menerobos banjir yang mengisolir komplek pondok,  Tim Jogo Santri pun menggunakan perahu karet dari BPBD kebumen. Jalan darat tidak bisa ditembus dengan mobil atau truk sekalipun karena ketinggian air mencapai 1 meter di sejumlah titik.

 

Perahu karet pun diturunkan dari jarak satu kilometer menuju lokasi pondok.Namun perahu karet pun tidak bisa menembus langsung ke lokasi karena ada sejumlah lokasi yang dangkal dan membuat perahu kandas. Dropping nasi bungkus pun terpaksa disambung dengan berjalan kaki hingga ke lokasi ponpes.

 

Farji salah  satu pengurus ponpes Al Kahfi mengaku sangat terbantu dengan bantuan nasi bungkus tersebut. Menurutnya banjir susulan yang datang selasa pagi tidak diduga karena sebelumnya air sudah surut. Bahkan mereka mengaku hingga selasa siang sejumlah santri belum makan pagi hingga bantuan nasi dari jogo santri ini datang.

 

” Kami sangat berterimakasih sekali, karna sejak tadi pagi kami belum sarapan,”ucapnya.

 

Foto Tim Jogo Santri Menggunakan Perahu Karet menerobos banjir

 

Sementara itu Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Ahmad Nawawi mengatakan bahwa begitu mereka mengetahui santri Al Kahfi kesulitan makanan, mereka pun secepatnya menggalang bantuan untuk para santri yang terisolitr tersebut.

 

‘’ Tim Jogo Santri merupakan program pengembangan dari Jogo Tonggo dari Gubernur jateng Ganjar Pranowo ini tidak hanya bergerak terkait covid-19. Namun juga menangani masalah bencana, terutama di lingkungan pondok pesantren,’’ungkap Gus Fachru, Rabu 28 Oktober 2020.

 

Untuk tahap awal, lanjut Gus Fachru, pihaknya membawa bantuan sekitar dua ribu bungkus nasi. Selain makanan siap konsumsi, Tim Jogo Santri juga mengurus keperluan-keperluan lain para santri selama terjadi bencana. Termasuk upaya menjaga pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan pondok pesantren dengan menereapkan 3 M.

 

‘’ Hari ini banjir telah surut, Namun kami tetap menghimbau agar tetap waspada dan berhati hati jika banjir datang kembali, mengingat kondisi cuaca saat ini masih belum stabil. Hujan masih sering turun mengguyur Kebumen,’’imbuhnya.(K24/THR).