KEBUMEN, Kebumen24.com – Guna meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan jasa transportasi Kereta Api khususnya menjelang libur akhir tahun dan tahun baru. PT. KAI (Persero) Daerah Oprasi 5 Purwokerto terus berbenah meningkatkan sejumlah fasilitas untuk para penumpang setelah sebelumnya sempat berhenti beroprasi akibat pandemi covid 19.

 

Seperti terlihat di Stasiun Kebumen pada Selasa 24 November 2020. Sejumlah fasilitas untuk para penumpang telah banyak berubah, mulai dari tempat parkir kendaraan, ruang tunggu hingga peron untuk menaik turunkan penumpang. Meski begitu protokol kesehatan menjadi salah satu syarat penting yang harus dipatuhi oleh seluruh penumpang.

 

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan, untuk meningkatkan fasilitas layanan kepada para penumpang baik sebelum maupun sudah masuk di stasiun, pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi KAI Access. Dimana aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat, baik melihat jadwal, pemesanan tiket hingga pembatalan tiket, dan semua bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan Hp Android.

 

Sedangkan untuk Stasiun Kebumen sendiri saat ini telah dilakukan tahap pembangunan. Hal ini dilakukan karna diprediksi menjelang natal dan tahun baru jumlah volume penumpang akan mengalami peningkatan. Baik yang naik maupun turun di Stasiun Kebumen.

 

“Sekarang fasilitas di Stasiun kebumen sudah cukup bagus dan ini salah satu upaya PT KAI untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. diprekdisikan tahun yang akan datang volume penumpang akan meningkat,’’ujarnya.

 

K24

Adapun terkait upaya pencegahan covid 19, PT KAI juga telah menyiapkan face shield yang akan dibagikan kepada setiap penumpang sebelum naik kedalam kreta api dan wajib digunakan saat dalam perjalanan. Selain itu bagi para penumpang juga diwajibkan untuk menunjukkan surat rapid test atau hasil PCR dari dokter sebelum menggunakan moda transportasi kreta api.

 

” Selain kita bagikan face shield khusus untuk kreta jarak jauh, para penumpang juga wajib menunjukkan surat hasil rapid test, atau hasil PCR surat keterangan bebas influenza dari dokter,’’imbuhnya.

 

Kepada para penumpang pihaknya menghimbau agar selalu mematuhi protokol Kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seperti memakai masker dan menjaga jarak saat melakukan registrasi.

 

Sementara itu, menurut salah satu penumpang Sukatmo mengatakan, sudah 30 lebih menggunakan jasa transportasi kreta api, dirinya melihat seluruh fasilitas dan pelayanan di Stasiun Kebumen saat ini memang jauh lebih nyaman dari sebelumnya.

 

‘’ Saya melihat stasiun Kebumen sekarang benar benar tertata rapih dan nyaman. Kebersihan, ketertiban dan kedisiplinan juga sudah cukup baik pada stasiun Kebumen, semoga setelah Pendemi Covid 19 berakhir bisa semakin ramai oleh para penumpang yang mengunakan moda transportasi ini,’’ujarnya.(K24/IMAM).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24