Jadi Narsum Webinar, Wabup Kebumen Ajak Generasi Muda Mengenal Warisan Budaya

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Di era modern dan digitalisasi seperti sekarang ini, masyarakat diminta untuk tidak meninggalkan warisan budaya leluhur bangsa. Namun justru harus bisa menuangkanya dalam kehidupan sehari hari. Termasuk dengan memamfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menarik minat masyarakat agar turut melestarikannya.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih saat menjadi Narsumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu 22 September 2021. Kegiatan dengan tema ‘’ ‘’Literasi Digital sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan akan Warisan Budaya’’ juga turut dihadiri Asisten 2 Setda Nugroho Tri Waluyo, Plt Kepala Diskominfo Kebumen Cokro Aminoto dan Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Asep Nurdiana, di Rumah Dinas Wakil Bupati.

Wabup mengatakan sudah seharusnya karya-karya budaya tradisional bisa dikemas dengan unsur modern. Dengan begitu dapat menarik minat masyaarkat dan kemudian bisa ditanamkan dalam kehidupan sehari harI. Budaya nusantara seyogyanya juga dapat kenalkan masyarakat luas khusunya generasi muda agar tidak luntur digerus majunya jaman.

‘’Melalui Literasi Digital bisa kita tampilkan budaya nusantara sebagai akar budaya agar identitas sosial semakin kuat dan sekaligus menjadi bagian dari gaya hidup yang mewarnai bangsa.’’imbuh Wabup Rista.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo megatakan literasi digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika ini sangat bermanfaat untuk mendukung pembangunan daerah. Khususnya bagi Putra putri generasi bangsa melalui pengenalan digital platform.

‘’ Dengan kegiatan ini semoga masyarakat bisa lebih faham akan literasi digital, dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform sebagai sarana meningkatkan pengetahuan akan warisan budaya.’’ucap Ganjar.(K24/*)