Jadi Narsum Sosialisasi HAM, Wabup Rista Ajak Dukung Program Kebumen Inklusi

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Masyarakat diajak untuk turut serta mendukung program Kebumen Inklusi. Ini dikarnakan penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya yang wajib dilindungi dan di sayangi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih saat menjadi narasumber acara sosialisasi Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2021, di Hotel Mexolie Rabu 13 Oktober 2021. Kegiatan dengan tema penghormatan hak-hak penyandang disabilitas dalam bidang pekerjaan itu diikuti oleh 50 orang peserta.

‘’ Kabupaten Kebumen sudah mendukung dan mendorong disabilitas dengan mencanangkan Kebumen Inklusi pada tanggal 6 Desember 2019 lalu, termasuk  melaksanakan program svaksinasi dan sekolah inklusi,’’terang Wabup.

Sementara itu, dua narasumber lain dr. Faiz Allaudin Reza Mahardika dan Psikolog Rofiah Akbar memaparkan materi tentang bagaimana cara membangun kepedulian dan peran serta masyarakat dalam peningkatan kapasitas penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan. Disisi lain juga materi tentang dukungan sosial dan psikologis untuk penyandang disabilitas dalam membangun kepercayaan diri memasuki dunia kerja.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, ketua tim penggerak PKK Ny. Iin Windarti Arif Sugiyanto, Ketua Bhayangkari, dan Ketua Persit Kartika candhrakirana.(K24/*)