HUT Kemerdekaan RI ke 75, 56 Warga Binaan Rutan Kebumen Dapat Remisi

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, sebanyak 56 warga binaan Rutan Kelas II B Kebumen mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Pemberian surat keputusan remisi tersebut dilakukan oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

 

Penyerahan dilakukan kepada perwakilan dua narapidana di halaman gedung Setda Kebumen Senin 17 Agustus 2020. Turut hadir, Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Forkopimda, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Rutan dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

 

Kepala Rutan Kebumen Soebiyakto mengungkapkan, pemberianremisi telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP. Adapun jenis remisi pada 17 Agustus 2020, merupakan kategori umum.

 

‘’ Hari ini ada 56 warga binaan kami yang mendapat remisi dengan kategori umum,’’ungkapnya.

 

Meski begitu Soebiyakto menjelaskan, Remisi umum 17 Agustus 2020 diberikan kepada narapidana yang telah terpenuhinya syarat administratif dan substantive. Syarat tersebut diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan (dengan hukuman di bawah 5 tahun, atau hukuman di atas 5 tahun dengan justice collaborator), tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana). Selain itu, mereka juga harus aktif mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan Rutan Kelas IIB Kebumen.

 

Sementara itu, salah satu warga binaan penerima remisi berinisial ST mengaku senang dan berterimakasih karna bisa mendapatkan Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2020 ini.

 

‘’ Terimakasih Bapak Presiden Republik Indonesia, dan Bapak Menteri Hukum dan HAM RI serta jajaran karena telah memberinya kesempatan kepada saya untuk mendapatkan potongan masa hukuman di hari yang berbahagia ini,’’ucapnya. (K24/THR).