KEBUMEN, Kebumen24.com – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kebumen pada Sabtu 27 Februari 2021, malam, menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah warga. Meski tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian material.

 

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Sugiyanto, kejadian pohon tumbang terjadi di beberapa titik desa di empat kecamatan. Diantaranya Desa Wotbuwono Kecamatan Klirong, Pohon Albasia tumbang menimpa rumah Uswanto (34). Dari kejadian ini ia harus menelan kerugian material kurang lebih 6 juta Rupiah, setelah atapnya rusak.

 

Kemudian Desa Mirit Petikusan Kecamatan Mirit pohon tumbang menimpa jaringan listrik yang mengakibatkan padamnya lampu serta kemacetan arus lalulintas, Desa Krubungan Kecamatan Mirit Pohon Saman dan Pohon Kelapa tumbang menimpa rumah warga setempat.

 

Selanjutnya di Desa Bagung Kecamatan Prembun pohon kelapa tumbang menimpa dua rumah warga setempat Hasyim dan Maryono. Dari kejadian itu Hasyim menelan kerugian kurang lebih 20 Juta Rupiah dan Maryono mengalami kerugian 2 juta Rupiah karena sebagian rumahnya rusak.

 

Di Desa Tunggal Roso, pohon randu dan dan albasia tumbang menimpa rumah warga akibat hujan semalam. Desa Lajer Kecamatan Ambal, pohon tumbang menutup bahu jalan yang mengakibatkan arus lalulintas macet.

 

“Tadi malam personel kita, utamanya Polsek-Polsek yang ada kejadian pohon tumbang langsung menuju ke TKP, membantu warga evakuasi,” jelas Iptu Sugiyanto, Senin 1 Maret 2021.

 

Hingga sampai saat ini laporan yang berhasil dihimpun, tidak terdapat korban jiwa, namun demikian warga mengalami kerugian material yang cukup lumayan. Untuk itu warga masyarakat dihimbau agar lebih waspada.

 

“Kami imbau warga agar selalu waspada. Beberapa hari terakhir cuaca memang buruk. Warga harus waspada banjir, longsor ataupun pohon tumbang seperti kejadian semalam,” imbau Iptu Sugiyanto. (K24/THR).

 

By Redaksi

Redaksi Kebumen24