Hasil Seleksi Kepala Dinas Terpilih Bakal Ditetapkan 28 Juli Mendatang

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com -Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kebumen telah menjalankan tugas dengan baik. Dalam hal ini Bupati Kebumen  H Arif Sugiyanto berserta Wakilnya Hj Ristawati Purwaningsih berterima kasih. Ucapan tersebut disampaikan melalui Akun Facebook Arif Sugiyanto.

Terkait dengan pelaksanaan seleksi, Panitia Seleksi menjalankan tugas hingga menentukan  tiga besar untuk masing-masing jabatan yang ada. Dalam hal ini terdapatb empat jabatan. Ini meliputi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan). Selain itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispora Wisata) dan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kebumen

Nama-nama ketiga besar dari masing-masing jabatan tersebut, kemudian di sampaikan kepada Bupati Kebumen H Arif Sugyanto SH. Nantinya Bupati lah yang akan mengambil keputusan  siapa yang berhak menduduki jabatan-jabatan tersebut. Namun demikian khusus untuk Jabatan Sekwan dimintakan juga rekomendasi dari Pimpinan DPRD.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kebumen Asep Nurdiana saat dikonfirmasi menyampaikan keputusan dari bupati paling lama 28 Juli mendatang. Pihaknya pun pada Hari ini Senin (26/7) berencana akan membuat suratnya.

“Resminya tanggal 28, Tapi besok (hari ini ) Senin saya rencana buat suratnya,” tuturnya, Minggu 25 Juli 2021.

Jika dilihat dari nilai yang telah didapat oleh para pendaftar, persaingan untuk menduduki jabatan tersebut memang sangat ketat. Nilai para peserta hanya selisih kisaran beberapa poin saja.

Adapun beberapa nama yang masuk tiga besar di masing-masing jabatan yakni untuk Jabatan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen adalah Drs Munadi, MS, Julin SSTP MSi dan Teguh Kristiyanto SE MT. Untuk Jabatan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kebumen yakni Joni Hernawan ST MT, Ir Masagus Herunoto MSi dan Sri Pambudi SPt MSc.

Sedangkan untuk Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kebumen meliputi Muhamad Arifin Ssi  MT, Drs Budhi Suwanto MSi dan H Agus Sunaryo SPd MPd. Adapun untuk Jabatan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan DPRD) meliputi  Dra Maria Margaretha Sri Kuntarti MSi, Sukamto SSos MT dan Yanie Giat Setyawan SSos MAcc.

Perjalan panjang telah berhasil dilewati oleh nama-nama yang telah lolos seleksi. Awalnya, untuk empat jabatan tersebut, terdapat setidaknya 35 pendaftar. Dalam hal ini pera pendaftar juga telah mengikuti berbagai seleksi. Ini mulai dari Seleksi Adminsitrasi dan  Penelusuran Rekam Jejak serta Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial/Kultural Assessment dan Seleksi Kompetensi Bidang.

Selain itu merujuk pada Pengumuman Pansel JPT nomor 01/PANSEL.JPT/VI/2021, disebutkan sejumlah ketentuan yang dapat mengikuti seleksi antara lain, pendidikan minimal S1 atau diploma IV. Pangkat/golongan ruang minimal Pembina (IV/a). Usia paling tua 56 tahun saat pelantikan.

Selain itu juga tidak pernah menjalani hukuman pidana atau sedang dalam proses pemeriksaan dan atau menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat. Telah menyerahkan LHKPN atau LHKASN atau SPT Tahunan tahun 2020. Khusus bagi pendaftar dari luar Pemkab Kebumen, harus mendapatkan persetujuan atau rekomendasi Pejabat Pembina Kepegawaian. (k24/*)