Hasil Rekapitulasi KPU Kebumen, Paslon Arif Rista Dinyatakan Unggul

oleh -
K24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Hasil perolehan suara pilkada Kebumen 2020, pasangan calon Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dinyatakan unggul dalam perolehan suara. Yakni memperoleh 389.463 suara dari keseluruhan suara sah. Sedangkan kolom kosong memperoleh 250.821 suara.

 

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen Yulianto saat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan dan penetapan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kebumen 2020, di Kantor KPU Kebumen Selasa 15 Desember 2020. Aacara berlangsung dari pukul 09.00 wib hingga pukul 15.00 wib dan dihadiri oleh Bawaslu Kebumen, Saksi Paslon, pemantau pemilu, dan PPK dari 26 Kecamatan se-Kabupaten Kebumen.

 

Dijelaskan Yulianto, bahwa dari jumlah 1.037.802 Daftar Pemilih Tetap(DPT0, tercatat ada 664.202 orang pemilih yang memberikan hak suaranya pada pelaksanaan Pilkada Kebumen 9 Desember 2020 kemarin. Dari jumlah tersebut sebanyak 640.284 suara dinyatakan sah dan 23.918 suara tidak sah.

 

Adapun tahapan rekapitulasi di tingkat KPU berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa revisi angka. Sedangkan untuk proses selanjutnya, KPU akan mengumumkan hasil pleno ke masyarakat selama tujuh hari dan mengirimkan hasil pleno ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Tengah.

 

‘’ Selanjutnya kami menunggu proses gugatan di MK dalam waktu 3 x 24 jam kemudian MK punya ruang 5 hari sampai batas keluarnya buku register tentang gugatan. Jika tidak ada gugatan maka penetapan paslon terpilih,’jelas Yulianto.

 

Sementara itu, Saksi paslon Arif-Rista Wahid Mulyadi mengatakan, secara angka tidak ada perbedaan data yang dimiliki tim paslon dengan di masing-masing PPK. Tim Paslon pun mengaku dapat menerima hasil rekapitulasi dan tidak ada rencana melakukan gugatan. Disisi lain, tim juga akan menunggu proses selanjutnya dari KPU.

 

“Tim pemenangan sampai hari akhir yang utama menjaga koalisi sehingga mampu mengatasi kendala yang dihadapi,” ungkapnya. (K24/ARTA).

 

TONTON VIDEONYA :