KEBUMEN, Kebumen24.com- Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kebumen mengumumkan Hasil Rapid Tes massal yang dilkasanakan Sabtu pagi 16 Mei 2020 di pasar tumenggungan Kebumen, menunjukan 26 Orang Reaktif Corona. Adapun jumlah keseluruhan yang menjalani Rapid Tes yaitu sebanyak 978 orang, terdiri dari para pedagang dan pengunjung pasar.

 

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro saat , saat jumpa pers di Posko Penangggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen Sabtu malam 16 Mei 2020.

 

‘’Pertama Hasil Rapid Tes pagi tadi tercata ada 21 orang Reaktif, kemudian siang hari bertambah 24 orang, dan setelah selesai di rekap dari keseluruhanya ada 26 orang dengan hasil reaktif,’’Ungkap Ksubiyantoro yang juga Humas Gugus PP Covid 19 itu.

 

Dijelaskanya, dilakukanya Rapid tes terhadap para pedagang dan pengunjung pasar lantaran sebelumnya salah satu pasien positif Covid-19 Kebumen diketahui pernah beraktivitas di pasar tersebut. sedangkan bagi warga yang diketahui menunjukkan hasil reaktif telah dilakukan pendataan oleh petugas. Mereka nantinya diminta untuk melakukan karantina mandiri dan selanjutnya akan dilakukan swab test melalui uji Polymerase Chain Reaction  (PCR) di laboratorium.

 

Meski dari hasil rapid test ada yang reakitf, warga diminta tetap tenang lantaran rapid tes bukan menjadi indikator positif corona tetapi hanya sebagai deteksi dini. Kedepan Rapid Tes juga akan digelar di Pasar Kutowinangun, Pasar Karanganyar dan Pasar Wonokriyo Gombong. (K24/imam)

 

 

By Redaksi

Redaksi Kebumen24