, ,

Hasil Rapid Tes Massal, 24 Orang Dinyatakan Reaktif Covid-19

oleh -828 views
Foto ; Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Sedang Meninjau Kegiatan Rapid Tes

KEBUMEN, Kebumen24.com- Ribuan pedagang dan pengunjung pasar Tumenggungan Kebumen mengikuti Rapid Tes Massal yang dilaksanakan secara gratis oleh Pemkab Kebumen. Rapid tes dilakukan lantaran sebelumnya salah satu pasien positif Covid-19 Kebumen diketahui pernah beraktivitas di pasar tersebut.

 

Berdasarkan data yang diperoleh, kegiatan yang berlangsung di Pasar Tumenggungan Kebumen, Jumat 16 Mei 2020 itu, sebanyak 24 orang dinyatakan hasilnya reaktif. Sedangkan pelaksanaan Rapid tes itu sendiri dilakukan mulai pukul 02.00 hingga 07.00 WIB.

 

Tampak hadir meninjau langsung Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto, didampingi Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono, serta Asisten I Hery Setyanto, Kepala Dinas Kesehatan dokter Dwi Budi Satrio, dan sejumlah pejabat Pemkab Kebumen.

 


Foto : Pengunjung Pasar Pagi Tumenggungan mengikuti rapid test.

Dijelaskan Wakil Bupati, sejatinya rapid tes hanya disediakan untuk 1.000 orang. Akan tetapi dari hasil pendataan oleh petugas sebelum dilaksanakan rapid tes, ada lonjakan pemohon. Dimana hingga berakhir sebanyak 1.300 orang yang menjalani rapid tes.

 

“Saking banyaknya antusias warga dan yang mengikuti rapid test, akhirnya mencapai 1.300 orang,” ujar Wabup Arif.

 

Foto : Suasana rapid test bagi pedagang dan pengunjung Pasar Pagi Tumenggungan

Adapun warga yang diketahui menunjukkan hasil reaktif telah dilakukan pendataan oleh petugas. Mereka nantinya diminta untuk melakukan karantina mandiri dan selanjutnya akan dilakukan swab test melalui uji Polymerase Chain Reaction  (PCR) di laboratorium.

 

“Data yang reaktif sudah kita cata semua, Nanti kami akan melakukan tes swab kepada merek,’’imbuh Wakil Bupati.

 

Meski dari hasil rapid test ada yang reakitf, warga diminta tetap tenang lantaran rapid tes bukan menjadi indikator positif corona tetapi hanya sebagai deteksi dini. Kedepan Rapid Tes juga akan digelar di Pasar Kutowinangun, Pasar Karanganyar dan Pasar Wonokriyo Gombong. (K24/ARTA)

Tinggalkan Balasan