KEBUMEN, Kebumen24.com – H. Drs Darwansyah secara resmi terpilih menjadi Ketua Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional (Gapensi) Cabang Kebumen untuk periode 2021- 2026. Jabatan ini sebelumnya di pegang oleh Drs. Munawar masa priode 2016-2021.

Darwansyah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) IX  di Hotel Kebumen, Kamis 7 Juni 2021. Muscab dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kebumen Drs Nugroho Tri Waluyo dan dihadiri Jajaran Forkopimda, BPD Gapensi Provinsi Jawa Tengah, Badan usaha serta anggota Gapensi Kebumen.

Selain Darwansyah, sejumlah nama pengusaha masuk dalam daftar kepengurusan disini. Antara lain Herwin Kunadi sebagai Wakil Ketua 1, Wakil Ketua II Drs Munawarudin, Wakil Ketua III H. M Tursino, Wakil Ketua IV Nur Khanifah, Sekretaris Kelik Sri Agung, Wakil Sekretaris Tirus Mariana, Bendahara H. Farid Maruf dan Wakil Bendahara Azis Zaenurul

Herwin Kunadi yang juga Ketua Pelaksana kegiatan menuturkan, selain untuk memilih ketua, muscab ini juga berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban BPC Kebumen. Dengan tema “Profesionalisme Anggota Gapensi Kebumen Siap menjadi Mitra Pemerintah Untuk Mendukung Program Pembangunan Daerah” diharapkan kedepan Gapensi bisa lebih bersinergi dengan Pemkab dan turut serta mendukung program pembangunan di Kabupaten Kebumen.

‘’ Dengan terpilihnya Ketua yang baru, semoga kedepan Gapensi bisa lebih bersinergi mendukung program pembangunan di Kabupaten Kebumen,’’ujar Herwin Kunadi.

 

Adanya kegiatan tersebut, Bupati Kebumen melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Nugroho Tri Waluyo menyambut baik acara ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan implementasi tanggung jawab para pelaksana konstruksi yang tergabung dalam Gapensi Kabupaten Kebumen. Terutama dalam melaksanakan aturan atau anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

‘’ Musyawarah cabang ini merupakan mekanisme organisasi dalam upaya pemantapan dan peningkatan keberadaan organisasi guna membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan,’’ucapnya.

Nugroho berharap dengan muscab ini dapat merumuskan program kerja yang lebih baik, dan jangan sampai hanya bertumpu pada jasa kontruksi saja. Namun juga dapat menggali potensi sumber daya alam yang berlimpah di Kabupaten Kebumen.

‘’ Kekayaan potensi sumber daya alam yang berlimpah memerlukan perhatian kita terutama para pelaksana konstruksi sebagai mitra pemerintah, untuk digali dan dibudidayakan sehingga menjadi kekuatan pembangunan,’’imbuhnya.

Lebih lanjut Asisten II menilai pembangunan yang merata dan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat diawali dengan infrastruktur yang baik dan gerak dari Gapensi yang baik. Untuk itu Gapensi harus mampu meningkatkan SDM maupun SDA sehingga mampu bersaing di era globalisasi sekarang ini. Dimana Gapesni harus memperhatikan tiga unsur dalam melakukan persaingan di era globalisasi ini yaitu kemampuan, ketelitian, dan sikap.

’ Disamping itu, Gapensi Kabupaten Kebumen kiranya dapat meningkatkan kewenangan dan tanggung jawabnya sebagai wadah pembinaan pelaksanaan jasa konstruksi, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh undang-undang,’’pungkasnya.

Sementara itu, Darwansyah mengungkapkan, dengan terpilihnya menjadi Ketua Gapensi Kebumen dirinya mengaku sangat bersyukur dan berharap dapat menjalankan tugasnya denan baik. Ia berkomitmen akan menjalin kolaborasi dengan asosiasi lainya yang ada di kebumen untuk bersama sama mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten kebumen.

‘’ Tentunya saya sangat bersyukur, namun yang tak kalah penting saya harus bisa menjalankan amanh ini dengan baik, salah satunya kami akan berkolaborasi dengan asosiasi lain agar dapat bersama sama bersinergi mendukung program pembangunan di Kabupan Kebumen.’’ujarnya.(K24/ILHAM).

 

By Redaksi

Redaksi Kebumen24