Geliat Jasa Sol Sepatu di Masa Pandemi

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Adanya wabah covid-19 yang merebak di seluruh penjuru dunia sempat melumpuhkan sendi-sendi perekonomian imasyarakat. Kendati begitu masyarakat dituntut harus tetap bekerja dan mencari penghasilan untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Seperti yang dirasakan oleh Muhammad Kharisun salah satu warga yang bekerja sebagai penerima jasa sol sepatu yang berada di Jalan Pahlawan, Kebumen. Ia mengaku penghasilannya sempat menurun akibat pandemi, namun hal ini tak menyurutkan semangatnya untuk melakoni profesi tersebut.

Pria yang berusia 52 tahun menuturkan profesinya ini sudah ia tekuni sejak 32 tahun lalu. Tak khayal jika berbagai kendala pun pernah ia rasakan termasuk melewati masa-masa sulit dimasa pandemi covid-19.

Kharisun menjelaskan sejak merebaknya pandemi omzet yang didapatkannya mengalami penurunan jauh dibanding sebelumnya. Dimana, yang biasanya   lima sampai sepuluh konsumen datang namun pandemi hanya menerima tiga sampai lima pasang sepatu dalam sehari padahak upah yang diterima juga tidak terlalu banyak yakni Rp10.000 sampai Rp15.000 per pasang.

“Jauh menurun dari sebelum, biasanya lima sampai sepuluh namun saat pandemi hanya dua sampai lima,” ucapya, Rabu 20 Oktober 2021.

Lebih jauh Kharisun mengungkapkan saat ini omzet yang didapat mulai normal kembali, yakni rata-rata pendapatan Rp50.000 perhari terlebih kasus covid di Kebumen telah berangsur menurun.

“Alhamdulillah mulaii normal seperti dulu, rata-rata sehari bisa melayani lima sampai tujuh pasang sepatu,” urainya.

Di lapaknya yang hanya menumpang di  sebuah teras toko milik orang lain Kharisun tetap semangat menunggu siapa saja yang datang untuk menggunakan jasanya. Berbekal dengan peralatan seadanya ia buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Dalam benaknya hanya satu, profesi ini bisa mencukupi ekonomi keluarga.

“Buka dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore, disini hanya nunggu orang yang mau pakai jasa kita, kalau tidak ada ya bagaimana lagi. Semoga ini bisa mencukupi kebutuhan keluarga.” ujarnya.(K24/ILHAM).