Gelar Simulasi New Normal, Obyek Wisata Benteng Vander Wijck Gombong Siap Dibuka

oleh -
FOTO PENGUNJUNG NAIK KERETA DI BENTENG VANDER WIJCK

GOMBONG, Kebumen24.com – Menjelang dibukanya kembali Obyek wisata di Kabupaten Kebumen di era new normal, sejumlah persiapan telah di lakukan oleh pengelola Wisata Benteng Vander Wijck Gombong Kabupaten Kebumen. Salah satunya menggelar Simulasi New Normal dengan menerapkan Protokol kesehatan Covid 19.

 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Minggu 5 Juli 2020 itu, simulasi digelar atas kerjsamaTim pendisiplinan Covid 19 Gombong, yang di hadiri General Manager Benteng Van der Wijck Gombong Herwin Kunadi SH, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Gombong Bambang Priyambodo, Anggota Polsek dan Koramil, Tim medis serta sejumlah Relawan.

 

Dijelaskan Herwin Kunadi, Simulasi ini bertujuan sebagai kesiapan menyambut new normal dan sekaligus memberikan edukasi kepada wisatawan yang hendak datang ke tempat wisata di tatanan hidup baru nanti.

 

Adapun beberapa hal penting yang harus diketahui masyarakat ketika berkunjung ke tempat wisata. Diantaranya yakni bagi setiap pengunjung wisata wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan ditempat yang telah disediakan, dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area wisata.

 

‘’ Aturan ini semua kita berlakukan bagi setiap para pengunjung wisata. Dan bagi yang tidak menggunakan masker karna memang lupa akan kita berikan masker, namun jumlahnya kita batasi,’’trang Herwin yang juga Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kebumen itu.

 

FOTO NAIK KERETA DI BENTENG VANDER WIJCK

Selain itu, di era tatanan hidup baru ini, pihak pengelola wisata juga menerapkan jarak Phisical distancing bagi para pengunjung disetiap wahana. Tak hanya itu, pengelola juga menempatkan petugas di sejumlah titik di komplek Benteng Vander Wijck untuk mengingatkan pengunjung terhadap penerapan protokol kesehatan.

 

‘’ Jaga jarak physical distancing kita terapkan, seperti tempat duduk di wahana kereta misalnya, sudah kita tandai dengan garis silang. Artinya pengunjung tidak diperbolehkan dukuk berdekatan, harus tetap jaga jarak,’’imbuh Herwin.

 

FOTO BERSAMA KEGIATAN SIMULASI NEW NORMAL DI BENTENG VANDER WICJK

Terkait batasan jumlah pengunjung dan harga tiket, Herwin mengatakan masih seperti biasa. Yakni satu paket Rp 25,000. Kendati begitu Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin berkunjung ke wisata harus mengikuti anjuran pemerintah. Menurutnya, new normal bukanlah berarti corona telah berakhir. Namun justru masyarakat harus lebih menjaga kedisiplinan hidup bersih agar terbebas dari covid 19.

 

“Dalam tatanan kehidupan normal baru, harga tiket masih tetap dan jumlah pengunjung tidak kita batasi. Namun jika nanti sekiranya ada yang menghawatirkan makan kita akan segera berkordinasi dengan tim satgas penenganan corona untuk menanganinya,’’pungkas Herwin.

 

FOTO PENGENCEKAN SUHU BADAN PENGUNJUNG

Sementara itu, Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Gombong Bambang Priyambodo mengungkapkan bahwa tahapan menjelang memasuki new normal ini, wilayah Gombong sudah memasuki proses pembelajaran atau uji latih. Dimana, tahapan tersebut telah dilakukan diberbagai kegiatan yang di pusatkan di Alun alun Manunggal Gombong.

 

‘’ Simulasi yang sudah kita lakukan sebelumnya seperti, perekonomian, olahraga, kemudian memberikan edukasi kapada masyarakat melalui pemasangan baliho edukasi protokol Covid-19 yang kita pasang di Lapangan Manunggal Gombong,’’ujar Bambang.

 

Lebih jauh menurutnya, memasuki minggu ke enam ini, uji coba new normal diwilayah Gombong bisa dikatakan lancar dan belum ditemukan satu pun warga yang terpapar corona. Hal itu terbukti dari adanya kegiatan rapid test warga dengan hasil non reaktif.

 

‘’ Alhamdulilah memasuki minggu ke enam ini, semua proses uji coba atau simulasi berjalan lancar, dan dari hasil evaluasi wilayah Gombong masih zero dari kasus covid,’’imbuh Bambang.

 

Meski begitu, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah, agar wilayah Gombong tetap terbebas dari corona dan segera menjadi Zona Hijau. (K24/THR)

Tonton Videonya :