Gelar Sekolah Pasar Modal Syari’ah, MES Kebumen Ajak Masyarakat Cerdas Berinvestasi

oleh -83 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak kedalam investasi bodong, Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES)  Kebumen menggelar Sekolah Pasar Modal Syari’ah. Kegiatan mengakat tema ‘’Menjadi Investor Syari’ah, Gaya Hidup Cerdas Kekinian’’ dengan menghadirkan dua narasumber, yakni dari Bursa Evek Indonesia (BEI) Rosidah dan Pintraco Sekuritas Kusuma Kampita Sari.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih di Hotel Mexolie Kebumen Sabtu, 22 September 2022. Hadir Kepala Dinas Disperindag KUKM Frans Haidar, Dewan Pakar Pengurus Daerah MES Kebumen Dr. KH Imam Satibi dan Ketua 1 MES PD Kebumen Mukhsinun serta para peserta.

Ketua 1 MES Kebumen Mukhsinun kegiatan ini digelar atas kerjasama Bursa Efek Indonesia, dan juga PT Intraco Sekuritas. Ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pasar modal, investasi saham, sukuk, dan juga reksadana. Dengan begitu diharapkan masyarakat bisa memilih investasi yang benar, dan tidak mudah terjebak ke dalam investasi bodong.

“Harapannya literasi investasi masyarakat Kebumen semakin meningkat terutamanya pasar modal. Jadi ketika mau berinvestasi mereka sudah punya akses dan cerdas mimilih investasi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pihak Kantor Sekretariat Pengurus Pusat MES, Riski Nugraha. Menurutnya, dengan mengikuti sekolah Pasar Modal Syari’ah ini masyarakat akan paham tentang cara memilih investasi yang baik dan benar, halal serta legal.

” Tentu investasi yang tidak legal itu tidak terawasi dengan OJK dari sisi oprasional usahanya dari sisi terdaftarnya di Evek syari’ah lalu dari sisi ke syari’ah annya tentu harus di awasi dan berpatok pada DSN Fatwa MUI, jadi kalo ini investasi pastikan diawasi OJK dari sisi oprasional usahanya kalo untuk syari’ah nya diawasi oleh Dewan Syariah Nasional berdasarkan Fatwa fatwa,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas digelarnya acara tersebut. Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan leterasi masyarakat, khususnya tentang Pasar Modal akan semakin bertambah. Termasuk mereka juga akan memahami alur investasi yang benar.

” Melalui kegiatan ini banyak hal yang baru dan belajar lebih dalam, bagaimana investasi itu bisa di pasar modal dan saham,” ucapnya.

Disisi lain Wabup berharap, MES bisa bersinergi dengan pemerintah dalam upaya pembangunan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan menggandeng organisasi pengusaha yang ada di Kebumen seperti HIPMI, IWPI dan juga Perkumpulan UMKM. Dengan begitu ekonomi masyarakat di Kabupaten Kebumen dapat segera meningkat.(K24/IMAM).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24