Gelar Pelatihan Penulisan Buletin, Dinkes Kebumen Hadirkan Wartawan Ratihtv

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Sebanyak 30 orang pejabat Fungsional di lingkungan Dinas Kesehatan Kebumen, mengikuti pelatihan penulisan Buletin. Kegiatan menghadirkan Narasumber dari Dinas Kominfo Kebumen yang di wakili Wartawan Ratihtv Kebumen.M. Tohri.

Acara di buka secara resmi oleh Kepala Seksi Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kebumen, Eko Laksonohadi, SKM, di Aula Dinas Kesehatan Senin, 13 September 2021. Hadir pejabat Fungsional Kusbiyantoro.

Eko Laksonohadi menjelaskan, kegiatan ini digelar guna memberikan pembekalan teknik penulisan karya ilmiah yang nantinya akan dijadikan bulletin.sebagai media publikasi program Dinkes Kebumen. Ini untuk mengdukasi masyarakat tentang Penyakit Potensi Kejadian Luar Biasa atau KLB/Wabah.

Melalui Kegiatan bini diharapkan para peserta bisa mehami dalam penulisan yang layak di publikasi ke masyarakat. Menurutnya ini penting karna untuk mendukung program program yang dicanagkan nantinya.

” Ilmu penulisan, hingga saat ini masih sangat awam sekali dikuasai oleh Kami dilingkungan Dinkes. untuk itu dengan pelatihan ini diharapkan lebih mengerti khususnya dalam pembuatan buletin yang baik,” Ucapnya.

Sementara itu, M. Tohri dalam materinya mengatakan beberapa dasar dasar teknik penulisan yang baik. Salah satunya peserta dapat memahami susunan format penulisan, mulai dari membuat Judul, Lead berita hingga Isi Body content.

‘’Buletin itu sama halnya dengan berita, Intinya sama sama publikasi, dan penulis wajib memahi dasar dasar dan harus tahu bagaimana cara menulisnya,’’ujar Tohri yang sekaligus menjabat sebagai Redaktur Media Online Kebumen24.com itu.

Lebih lanjut Tohri menyampaikan penulisan juga harus dilandasi dengan unsur W5+1H atau Who, What, Where, When, Why dan How. Dengan bagitu berita ataupun informasi yang diterbitkan lebih akurat dan mudah di pahami oleh pembaca.

” Intinya kita harus paham apa itu W5+1H sehinga penulisan bisa lebih tersusun,” Jelasnya.(K24/imam).