Gelar Konferensi Pers, Bupati Jelaskan Fungsi Program Kartu Kebumen Sejahtera

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com  – Dalam waktu dekat, Program Bupati dan Wakil Bupati Kebumen bernama Kartu Kebumen Sejahtera (KKS) akan segera diluncurkan. Program ini untuk mengontrol saat bantuan turun dari pemerintah kepada masyarakat yang berhak menerimannya.

Hal itu disampaikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Saat menggelar Jumpa Pers dan Buka Bersama di Resto Momong Jalan Sarbini Kebumen, Kamis 29 April 2021 kemarin. Hadir Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Ujang Sugiono, Kepala DPUPR Haryono Wahyudi, Kepala Diskominfo Cokro Aminoto, Sekdin Dinsos Kinanto, serta sejumlah pejabat lain.

Bupati Arif menjelaskan program Kartu Kebumen Sejahtera merupakan program untuk masyarakat yang belum sejahtera. Dengan kartu ini mereka akan memperoleh kesejahteraan yang baik. Rencanannya Kartu ini diluncrukan pada Awal Mei 2021. Untuk pembagiannya akan diberikan secara bertahap

‘’ Insya Alloh akan segera kita luncurkan. Dengan Kartu Kebumen Sejahtera ini nantinya masyarakat akan dibikin satu kartu yang fungsinya mengkontrol kondisi masyarakat sehingga mereka yang terdaftar bisa tercover ketika ada bantuan turun dari pemerintah,’’terang Bupati.

Selain itu, Kartu Kebumen Sejahtera juga bisa dijadikan data yang valid bagi pemerintah kabupaten ke depan dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat. Baik itu bantuan bea siswa, bantuan langsung tunai, dan juga kesehatan.

“Fungsinya kartu ini nanti sebagai kontrol jadi ketika nanti masyarakat ada yang belum menerima bantuan, nanti bisa dicek melalui nomor kartunya, dititik mana nanti bisa ketahuan,” ujar Arif.

Terkait data-data masyarakat yang layak mendapatkan kartu itu, akan dikeluarkan mengacu pada DTKS agar tepat sasaran. DTKS juga sebelumnya telah dikordinasikan dengan Kementrian Sosial Pusat agar DTKS singkron sesuai kondisi real di lapangan.

Lebih lanjut menurut Bupati hingga saat ini Tata Kelola Bansos dari Dinas Sosial Kebumen masih ditemukan beberapa masalah. Salah satunya mengenai verifikasi dan validasi data kemiskinan yang harus dibertulkan. Dengan begitu diharapkan pemberian bantuan akan tepat sasaran. Sehingga masyarakat yang belum menerima bantuan akan diupayakan menerima bantuan dari Kementrian sesuai alokasi.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengatakan terkait program Jamu Seger atau jalan mulus ekonomi bergerak. Hingga kini Pemerintah Kabupaten Kebumen terus melakukan perbaikan di sejumlah jalan rusak pada beberapa titik di wilayah Kabupaten Kebumen.

Perbaikan jalan tersebut sebagai bentuk respons cepat Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam memperbaiki infrastruktur di Kebumen. Sekaligus sebagai implementasi dari Program Jamu Seger (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak). Dengan adanya perbaikan jalan ini, Arif berharap Jalan kembali mulus sehingga roda perekonomian semakin lancar.

Adapun jalan yang diperbaiki diantaranya jalan di Petanahan, kemudian jalan di Lajer, Kambalan, Ambal dan jalan di Kabuaran, Prembun. Saat Bupati Arif melakukan pemantauan, jalan-jalan ini kerusakannya cukup parah, dan menjadi jalur ramai yang dilewati warga.(k24/thr).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24