Gejok Lesung Meriahkan HUT RI ke 75 di Desa Sawangan

oleh -
FOTO KEGIATAN LOMBA AGUSTUSAN SAWANGAN

ALIAN, Kebumen24.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, warga Dukuh Kedawung RW 05, Desa Sawangan Kecamatan Alian Kebumen menggelar berbagai kegiatan lomba. Acara dimerihakan dengan penampilan Gejok lesung yang dimainkan oleh kaum Ibu ibu.

 

Acara perlombaan yang dilaksanakan Senin,17 Agustus 2020 itu berlangsung meriah di pekarangan warga setempat. Adapun perlombaan yang digelar diantaranya, Joged Balon, Balap Bakiak, Balap karung, Pecah Air, Makan Kerupuk, Tarik Tambang dan Panjat Pinang yang diikuti baik dari kalangan dewasa maupun anak-anak. Bagi para pemenang pihak panitia telah menyiapkan hadiah menarik dan door prize bagi para penonton.

 

FOTO LOMBA AGUSTUS DESA SAWANGAN

Mutawali selaku Panitia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menghibur warga di tengah pandemi corona dan sekaligus merefleksikan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

 

“Dengan kegiatan ini kami berharap dapat menghibur para warga ditengah pandemi corona seperti sekarang ini. Namun yang paling utamanya adalah untuk memupuk semangat muda-mudi agar selalu melakukan kegiatan positif,’’ujarnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Sawangan, Slamet mengatakan pada perayaan HUT RI kali ini memang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarnakan adanya pandemi Covid-19. Meski begitu ia tetap berharap kegiatan ini tak mengurangi semangat kemerdekaan para warga untuk selalu mengenang jasa jasa pahlawan terdahulu.

 

“Meski tidak semeriah dulu, namun yang paling penting adalah masyarakat tidak akan pernah melupakan sejarah perjuangan para pendahulu,”tukasnya.(K24/ARTA).