SEMARANG, Kebumen24.com  – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diikuti oleh sebanyak 24 Wartawan dari berbagai media di Jawa Tengah. Salah satunya dari media RatihTV Kebumen.

Acara digelar atas kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, dan berlangsung selama dua hari, yakni, Kamis hingga Jumat (8-9/4/2021). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Hj. Riena Retnaningrum, SH, di Hotel Horison Nindya, Jalan Brigjen Sudiarto Semarang.

Dalam kegiatan ini, peserta terbagi dalam dua kelompok, yakni 18 orang peserta UKT muda, dan 6 orang peserta UKW madya. dan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hadir Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat Hendro Basuki, Ketua PWI Jateng Amir Machmud, serta para Dewan Penguji UKW.

Kepala Dinas Kominfo Jateng Hj. Riena Retnaningrum, SH, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini. Pihaknya kedepan akan terus berupaya agar anggaran untuk Uji Kompetensi Wartawan bisa dipertahankan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kinerja wartawan yang selama ini dinilai cukup baik. Terlebih menurutnya, Wartawan adalah profesi yang tidak semua orang bisa menjalaninya.

‘’ Saya bahagia bisa kembali bertemu dengan para wartawan, bisa bekerja sama kembali dengan PWI Jateng. Saya akan tetap berusaha agar kegiatan peningkatan kapasitas bagi wartawan tetap dipertahankan,”ucap Riena.

 

Foto Bersama usai Kegiatan UKW PWI Jateng di Hotel Horisan Nindya Semarang.

Lebih lanjut Riena juga berpesan agar wartawan juga turut serta menyampaikan kepada masyarakat mengenai adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi covid 19. Terutama program vaksinasi yang saat ini masih berlangsung.

“Sekarang ini terjadi penurunan pelaksanaan protokol kesehatan pasca vaksinasi. Kami berharap wartawan tetap menyampaikan kepada masyarakat, bahwa pandemi belum selesai. Harus tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun, tidak berkerumun, jaga jarak,”imbuh Riena.

Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat Hendro Basuki yang juga penguji dalam UKW, mengatakan bahwa untuk meningkatkan kompetensi wartawan, saat ini Dewan Pers dan Kemen Kominfo sedang menyiapkan kurikulum untuk Sertifikasi Media Digital Jurnalistik.

‘’ Selain sertifikasi melalui Uji Kompetensi Wartawan, juga disiapkan sertifikasi yang lain. Wartawan sekarang harus bisa multitasking maka kemudian ada sertifikasi tambahan yang bisa diikuti,” kata Hendro.

Menurutnya, tantangan media di bidang bisnis dan konten menuntut banyak hal. Untuk itu wartawan harus terus mengembangkan diri.

“Wartawan harus bekerja makin terampil dari hunting, menulis berita, menyiapkan foto, editing, dan menayangkan bisa dilakukan sendiri. Maka keterampilan harus terus ditingkatkan,”imbuh Hendro Basuki.

Hal senada juga disampaikan Ketua PWI Jateng Amir Machmud. Dirinya menilai tidak ada alasan lagi bagi wartawan untuk takut mengikuti Uji Kompetensi Wartawan. Siapa pun yang sudah dinyatakan kompeten harus menjalankan profesinya dengan benar.

“Bagi yang belum dinyatakan kompeten jangan berhenti, karena masih ada kesempatan lain untuk mengikuti UKW berikutnya,” kata Amir.

Sementara itu, salah satu peserta UKW, Tohri dari Media Ratihtv Kebumen mengatakan sangat senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Menurutnya UKW merupakan bagian atau syarat yang harus diikuti oleh seluruh wartawan agar memiliki kompetensi yang memadai. Dengan begitu, wartawan bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai Kode Etik Jurnalistik.

‘’ Saya sangat senang dan berterimakasih sekali kepada pihak yang menyelenggarakan acara ini. Banyak hal yang tidak saya ketahui sebelum mengikuti UKW. Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara rutain agar wartawan yang belum mengikuti bisa segera mengikutinya,’’ujar Tohri. (K24/*)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24