Dukung PPKM Mikro, Polres Kebumen Bagikan APD ke Desa

oleh -47 Dilihat
k24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Posko PPKM Mikro tengah digencarkan keberadaannya di tingkat desa dan hingga kini dampaknya sudah bisa dirasakan. Kecamatan yang semula memasuki zona merah atau zona yang memiliki resiko penularan COVID-19 tinggi, saat ini sudah orange, bahkan beberapa kecamatan kuning dan ada yang hijau.

 

Untuk mendukung hal tersebut, Sat Sabhara Polres Kebumen masih gencar menggelar kegiatan patroli sembari membagikan alat pelindung diri (APD) untuk digunakan petugas kesehatan saat melakukan tracing.Pembagikan APD tersebut dilakukan di Desa Jemur Kecamatan/Kabupaten Kebumen baru baru ini.

 

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasat Samapta AKP Rudjito mengungkapkan, pemberian APD langsung diterima langsung oleh Kepala Desa Eni Budiwati.

 

“Memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah tanggung jawab bersama. Termasuk APD yang kita bagikan itu untuk mendukung memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19,” jelas AKP Rudjito, Selasa 23 Februari 2021.

 

Perlu diketahui, ditengah pemberlakuan PPKM berskala Mikro petugas kesehatan bersama dengan Bhabinkamtibmas dari POLRI, serta Babinsa dari TNI melakukan tracing ke warga sampai tingkat RT. Warga yang terkonfirmasi positif, jika bergejala disarankan untuk karantina mandiri di rumah sakit, sedang yang tanpa gejala wajib karantina mandiri di rumah.

 

Selain itu, Warga yang positif juga harus berbicara jujur kepada petugas PPKM Mikro dengan siapa saja ia kontak erat. Kemudian petugas melakukan tracing, bahkan, jika diperlukan melakukan rapid kepada warga yang kontak erat.

 

APD bisa digunakan petugas saat melakukan tracing ke warga yang diindikasikan kontak erat dengan warga yang positif COVID-19.  Selama karantina mandiri di rumah, Satgas Jogo Tonggo akan membantu warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24