KEBUMEN, Kebumen24.com,- Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto kembali meluncurkan Program 100 Hari kerjanya. Kali ini Program bernama Tani Mulyo secara resmi dilaunching untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Kebumen.

Launching ditandai dengan penyerahan bantuan sebanyak 62.100 kg bibit padi Inhibrida kepada 100 Gapoktan/ Gabungan Kelompok Tani di 10 kecamatan. Acara berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin, 5 April 2021. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Distapang Kebumen Tri Haryono, Anggota DPRD Kebumen, Pihak Gudang Bulog dan RMU serta Gapoktan.

Dalam sambutannya Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal ini juga sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Bupati menjelaskan saat ini sejumlah harga komoditas pangan yang selalu berfluktuasi dapat merugikan petani, pelaku distribusi, dan konsumen. Baik secara ekonomi maupun kesejahteraan. Terlebih pola produksi yang mengikuti musim, maka harga gabah/beras dapat mengalami fluktuasi.

Bupati menyebutkan pada saat panen raya, khususnya di daerah sentra, produksi melimpah melebihi kebutuhan konsumsi sehingga harga cenderung turun sampai tingkat yang kurang menguntungkan petani. Sebaliknya pada saat pasokan berkurang harga cenderung meningkat sehingga dapat memberatkan konsumen.

Berbagai upaya dilaksanakan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan petani, kelompok tani, dan atau Gapoktan terhadap jatuhnya harga gabah/beras disaat panen raya dan masalah aksesibilitas pangan.

Untuk itu, Kabupaten Kebumen telah menganggarkan Bantuan Pinjaman Dana Talangan Pengadaan Pangan Tahun 2021 sebesar Rp.1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah) yang akan disalurkan untuk 31 (tiga puluh satu) Gapoktan/Kelompok Tani. Melalui pinjaman ini diharapkan dapat menyerap kurang lebih 348 ton gabah petani pada saat panen raya MT II seperti sekarang ini.

‘’ Pada hari ini akan diserahkan bantuan pinjaman tahap pertama untuk 24 (dua puluh empat) Gapoktan dengan jumlah bantuan sebagai berikut. 10 (sepuluh) Gapoktan mendapatkan pinjaman sebesar Rp.55.000.000,00 (lima puluh lima juta rupiah). 5 (lima) Gapoktan sebesar Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah), dan 9 (sembilan) Gapoktan sebesar Rp.45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah).’’ungkap Bupati.(k24/imam).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24