ALIAN, Kebumen24.com – Umat Muslim di Desa Krakal Kecamatan Alian kembali menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ditengah pandemi covid 19. Peringatan sejerah besar bagi umat muslim ini juga dimanfaatkan oleh para ulama dan tokoh masyarakat untuk mengingatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Kegiatan berlangsung dengan penuh khidmat di Masjid ‘Ainul Hidayah Krakal, Rabu, pada 10 Maret 2021. Hadir pada kesempatan itu Forkopimcam Alian serta tokoh ulama dan masyarakat desa setempat.

 

Ketua Panitia, H. Partono Sukowaluyo mengatakan peringatan Isra Miraj 1442 H tahun ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan dalam suasana pandemi setelah tahun lalu. Tak hanya itu, acara juga dikemas dengan sesederhan mungkin dan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan, untuk menghindari kerumunan acara sengaja digelar malam hari dan hanya akan dihadiri masyarakat setempat saja.

 

“Dua kali Penyelnggaraan Isro’ Miroj digelar ditengah pandemi covid 19. Bahkan tahun ini justru lebih sederhana dan jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Semoga tidak mengurangi rasa khdimat dan semangat kami dalam meneladani Nabi Agung Muhammad SAW,’’ujarnya.

 

Lebih menurutnya, Isro Mirjo merupakan peristiwa penting bagi umat Islam, dimana Rosulullah SAW mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Momentum ini tentu sangat ditunggu para jamaah. Untuk itu, dimomen peringatan Isra Mi’raj 1442 Hijriah ini dirinya juga mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dan melaskanakan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan wabah virus corona.

 

“Melalui momentum ini kami juga manfaatkan untuk mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,’’imbuh Partono.

 

Sementara itu, dalam tausiyahnya, Kyi Fahrudin dari Kemenag Kebumen mengyampaikan akan pentingnya menjaga sholat 5 waktu. Menurutnya sholat merupakan tiang agama yang telah diwajibkan bagi umat muslim se Dunia.

 

Disisi lain, dirinya juga mengajak masyarakat untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Terlebih ditengah pandemi covid seperti sekarang ini umat muslim diharapkan bisa menjadikan nilai-nilai ajaran salat sebagai bekal dalam menanggulangi virus tersebut.

 

“Melalui peringatan Isra Mi’raj, ini mari kita tingkatkan keimanan kita dan tumbuhkan solidaritas, empati dan kepekaan perasaan terhadap musibah ini. Bagaimana caranya, yaitu dengan saling membantu, menolong sesama,’’ucap Kyai Fachrudin.(K24/KUAT PAMUJI).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24