Dr. Hambali : Tugas Panelis Miliki Peranan Penting dalam Debat Publik Pilkada

oleh -210 views
K24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Debat Publik Pilkada yang diselengarakan KPU Kebumen dinilai sangat penting agar masyarakat bisa lebih mengenal visi misi paslon. Karena terminologi Debat tidak dapat diganti, maka Debat publik juga sangat membantu membantu Paslon memaparkan lebih dalam visi dan misi nya.

 

Disisi lain, tak kalah pentingnya dalam debat pilkada yakni adanya Panelis debat. Selain itu, tim Panelis debat juga sangat berperan dalam rangka mewujudkan pilbup di kabupaten Kebumen yang bersih aman lancar dan kondusif.

 

Hal ini disampaikan Advokat PERADI dan sekaligus Wakil Rektor I UP45 Yogyakarta Dr. Muh. Khambali, SFil, SH, MH, Jumat 13 November 2020. Dirinya menyebut, sinergisitas keduanya tentu sama sama menguntungkan semua pihak. Dengan begitu masyarakat dapat secara mudah menentukan pilihannya secara rasional bukan emosional dan berdasarkan argumen bukan sentimen.

 

‘’ Jadi menurut hemat saya, tim Panelis bertugas sangat membantu masyarakat pemilih sekaligus Cabup-cawabup yang telah direkomendasikan oleh para wakil rakyat di DPRD kabupaten Kebumen.,’’ujar Hambali yang juga seorang panelis dalam Debat Publik pilkada Kebumen itu.

 

Dijelaskanya, bahwa Tim Panelis tidak bertugas membantai cabup/cawabup, akan tetapi justru membantu masyarakat pemilih sekaligus Cabup-cawabup. Selain itu Tim Panelis di bawah koordinator Ir Djunaidi juga tetap menjunjung tinggi sikap profesionalisme. Hanya saja tidak ada mekanisme yang mengatur untuk panelis bertanya secara langsung

 

‘’ Jadi intinya, Tim Panelis sifatnya membantu masyarakat pemilih untuk mendalami dan menggali visi dan misi Paslon Cabup/Cawabup, sekaligus membantu Paslon Cabup/Cawabup untuk memaparkan visi dan misi, serta janji politik mereka. Jadi bukan untuk membantai,’’imbuhnya.

 

Kepada masyarakat Hambali menegaskan untuk lebih memahami dan mendalami visi dan misi Paslon Cabup/cawabup sebelum menentukan pilihan. Artinya dengan kata lain jangan terlalu buru buru menolak atau buru buru menerima sebelum tahu.

 

 ‘’ Jangan sampai hanya karena suka atau tidak suka kepada Paslon, terus kita langsung menyimpulkan’’tuturnya.(K24/THR)

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan