Diusir Dari Stadion, KONI Kebumen Sayangkan Sikap Pemkab

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Komite Olahraga Nasional KONI Kebumen, menyayangkan sikap Pemerintah Daerah yang tidak memberitahukan terlebih dahulu tentang rencana renovasi stadion Candradimuka. Dengan begitu adanya surat yang dilayangkan, Sekda Kebumen dianggap sebagai pengusiran KONI oleh Pemkab.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Hukum KONI Tatag Sajoko, saat ditemui di Gedung Stadion Candradimuka Kebumen Rabu, 28 Juli 2021. Ia menilai kebijakan tersebut akan menjadi beban dan hambatan bagi kemajuan olahraga di Kebumen. Padahal saat ini mulai berprestasi di kancah nasional.

Untuk itu Tatag menyayangkan sikap ini terutama dari Disporawisata yang tidak melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan KONI Kebumen jauh jauh hari. Dimana Pemerintah Kabupaten Kebumen telah melayangkan surat untuk pemindahan markas KONI.

Terkait pemindahan markas KONI, sebenarnya tidak menjadi persoalan asalkan Disporawisata sebelumnya melakukan Komunikasi terlebih dahulu dengan KONI, Dikarenakan, hal ini menyangkut persoalan yang begitu penting, yakni kemajuan olahraga di Kebumen.

” Seharusnya Disporawisata ada komunikasi sebelumnya agar tidak terjadi persoalan seperti ini,” Ucapnya didampingi Ketua Umum KONI Sriyanto.

Adanya hal tersebutm pihaknya juga telah mengklarifikasi permasalahan ini kepada Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono. Sekda pun telah berjanji akan memberikan tempat baru kepada KONI Kebumen.

’ Pada saat itu, Sekda Kebumen pun kaget, dikarenakan tidak adanya komunikasi dari Disporawisata kepada KONI Kebumen terkait adanya rencana renovasi,’’imbuhnya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan miss komunikasi yang dilakukan Disporawisata. Saat klarifikasi Sekda pun, akan menawarkan tempat baru yang berada di Gedung server komplek Setda Kebumen.

” Sekda tidak mungkin kita mengusir KONI, Itu karena mis saja, Sekda beranggapan sudah ada komunikasi ternyata belum,” Jelasnya Tatag yang juga merupakan anggota DPRD Kebumen Fraksi PDIP.

Mengenail hal tersebut, hingga kini Disporawisata belum memberikan keterangan resmi dan tanggapannya.

Perlu diketahui, bahwa dalam surat Nomor: 426/1388.4 perihal Pemeliharaan Stadion Chandradimuka Kebumen yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH tertanggal 21 Juli 2021, Ketua KONI diminta untuk menggunakan tempat atau lokasi lain sebagai sekretariat.

Dalam surat tersebut, Pemkab beralasan akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana olahraga di lokasi Stadion Chandradimuka Kebumen. Hal ini untuk memenuhi standar stadion secara bertahap.

“Sehubungan dalam rangka penataan, pemeliharaan dan perawatan bangunan Stadion Olahraga di Kabupaten Kebumen, bersama ini kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kebumen akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana olahraga di Stadion Chandradimuka Kebumen, guna memenuhi kriteria/standar stadion secara bertahap. Berkait hal tersebut di atas, maka diminta kepada Saudara untuk dapat menggunakan tempat/lokasi lain sebagai Sekretariat KONI Kabupaten Kebumen,” tulis surat tersebut. K24/IMAM).