Diserang Wereng, Hasil Panen Padi Petani di Alian Menurun

oleh -

ALIAN, Kebumen24.com – Hama wereng yang menyerang sejumlah tanama padi milik petani di Desa Desa Tanuharjo, Kecamatan Alian, Kebumen menyebabkan hasil panen kali ini menurun drastis. Bahkan jika dibanding panen sebelumnya, menurun 50 hingga 60 persen.

Seperti diutarakan Muhammad Mahmudin, Selasa, 27 Juli 2021. Menurutnya, panen sebelumnya bisa mencapai 12 sampai 13 karung. Namun kali ini di lahan seluas 50 ubin hanya bisa 7 karung padi.

“Panen kali ini menurun drastis 50 sampai 60 persen, semoga hama wereng cepat hilang dan panen bisa  sempurna lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Sumeri salah satu petani yang akan memanen padi mengeluhkan kondisi harga padi yang kini dinilai sangat murah dan tidak sebanding dengan harga pupuk. Belum lagi adanya hama wereng membuat ia harus rutin menyemprotkan obat secara rutin 3 hari  sekali, Saat ini ia mengaku sudah habis Rp.1.000.000 untuk obat hama,

‘’ Semoga pemerintah bisa menaikan harga padi yang saat ini yang kisaran Rp.350.000 per kuintal padinya. Jadi biar sebanding dengan harga pupuk,’’ujarnya,(K24/ILHAM).