Diguyur Hujan Deras, Tebing Setinggi 30 Meter Longsor Tutup Jalan

oleh -
Foto : Lokasi tebing longsor di Desa Kajoran (istimewa)

KARANGGAYAM,Kebumen24.com -Wilayah Kabupaten Kebumen diguyur hujan deras disertai angin sejak siang tadi. Sejumlah jalan protokol di Kebumen sempat tergenang air dengan variasi 15 hingga 30 centimeter. Disisi lain, terdapat tebing setinggi 30 meter yang longsor akibat tanah tidak mampu menyangga.

 

Peristiwa tersebut terjadi di Dukuh Kewao RT 6 RW 6 Desa Kajoran Kecamatan Karanggayam pukul 21.00 WIB. Timbunan longsor sepanjang 20 meter tersebut pun menutup akses jalan di lokasi tersebut. Beruntung rumah warga yang berdekatan dengan tebing tidak mengalami kerusakan.

 

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Teguh Kristiyanto dikonfirmasi mengatakan, timbunan longsor tidak menimbulkan korban jiwa. Adapun timbunan longsor hanya berjarak satu meter dari rumah salah satu warga. Namun satu rumah milik Sudirah (38) beserta penghuninya terdampak.

 

“Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana), pemerintahan desa dan masyarakat telah meninjau lokasi untuk membersihkan material longsor,” katanya.

 

Teguh menjelaskan, tim relawan BPBD Kebumen juga akan mendatangi lokasi guna melakukan asesmen terhadap kejadian tebing longsor. Disisi lain, pemerintahan desa telah berkoordinasi dengan Muspika Karanggayam beserta TNI dan kepolisian setempat. Dirinya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana di wilayah Kebumen. (k24/thr).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24