Diguyur Hujan Deras, Puluhan Kambing di Desa Krakal Mati Teremdam Banjir

oleh -2.636 views
Foto : Hewan ternak kambing yang tewas

ALIAN, Kebumen24.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen mengakibatkan jebolnya tanggul sungai Kedungbener yang berada di Desa Krakal Kecamatan Alian Kebumen. Akibat jebol tanggul sepanjang 20 meter itu mengakibatkan perumahan dan 30 hewan ternak milik warga mati ikut terendam banjir.

 

Salah satunya Kambing milik Yuswanto (40) warga RT 02 RW 03 Desa Krakal. Banjir yang Minggu malam 25 Oktober 2020, menewaskan 16 Ekor Kambing miliknya karna terendam banjir didalam kandang. Hal Itu disebabkan genangan air banjir yang mencapai sekitar 2 meter menutup kandang kambing. Pihaknya tidak sempat melakukan penyelamatan hewan karena fokus menyelamatkan diri.

 

“Semua kabing saya Mati di dalam kandang,” ungkapnya, Senin siang 26 Oktober 2020.

 

Selain Yuswanto, ternak kambing warga lain juga dilaporkan tewas. Yuswanto menambahkan, banjir disebabkan hujan deras yang membuat tanggul sungai jebol sehingga air meluap. Kerugian yang dialaminya mencapai puluhan juta rupiah.

 

“Ada yang harganya Rp 2,5 juta dan Rp 3 juta. Saya berharap segera diperbaiki tanggulnya,” pintanya.

 

 

foto lokasi longsor Kaliputih Alian

Sementara itu, Kepala Desa Kaliputih Kecamatan Alian Daniati mengatakan, terdapat kerusakan tebing longsor dan banjir di wilayahnya. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun beberapa rumah warga rusak. Selain itu, akses jalan yang menghubungkan ke Kecamatan Karangsambung dan Wonosobo sempat tertutup.

 

“Warga dibantu petugas sudah melakukan pembersihan separo material longsor. Kami telah berkoordinasi dengan DPUPR agar dibantu alat berat untuk membersihkan tanah,” ucapnya.

 

Seperti diketahui, hujan deras selama dua hari menyebabkan bencana banjir dan longsor di Kebumen. Dilaporkan terdapat 24 desa terkena banjir dan belasan titik longsor. Selain kerusakan, ribuan warga juga sempat mengungsi dari rumah ke tempat yang lebih aman. Meskipun kini, warga telah kembali ke rumah lantaran air telah surut.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan