Hanya Untuk Sadarkan Masyarakat Mematuhi Prokes, Polsek Kebumen Minimal Bagikan 50 Masker Setiap Hari

oleh -232 views
KAPOLSEK BAGIKAN MASKER

KEBUMEN, Kebumen24.com – Protokol kesehatan merupakan salah satu cara yang paling tapat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, yang hingga kini semakin masif dan berdampak banyaknya warga yang tertular. Salah satunya yaitu wajib menggunakan masker saat pergi keluar rumah. Namun, berbeda halnya fakta dilapangan yang ternyata tingkat kesadaran masyarakat masih tergolong rendah dan harus ada upaya pendisiplinan.

 

Seperti yang terjaring kegiatan Oprasi Yustisi Pendisiplinan protokol kesehatan yang dilakukan Polsek Kebumen, Selasa 12 Januari 2021 di depan Pendopo Kecamatan Kebumen. Baru saja hitungan menit, Oprasi yang digelar bersama Koramil dan pemerintah Kecamatan Kebumen itu, petugas gabungan banyak mendapati puluhan warga yang tidak menggunakan masker.

 

Kemudian bagi para pelanggar diberikan sangsi beragam seperti menghapal pancasila, membaca surat pendek, menyanyikan lagu kebangsaan hingga push up dan diminta berikrar untuk tidak mengulanginya lagi.

 

Disela sela kegiatanya, Kapolsek Kebumen AKP Tarjono Sapto Nugroho menjelaskan, oprasi yustisi ini dilakukan atas dasar intruksi pusat dan dilaksanakan 3 kali dalam sehari dengan lokasi berpindah pindah. Adapun oprasi menyasar warga yang melintas maupun warga sekitar yang masih tanpa bermasker saat beraktivitas di luar rumah.

 

‘’Paling sedikit kita 3 kali lakukan kegiatan oprasi, hal ini dimakdus untuk mendiplinkan masyarakat agar mau mematuhi protokol kesehatan agar pandemi covid bisa segara berlalu,’’jelas Kapolsek didampingi PLT Camat Kebumen Sugito Edi Prayitno dan Anggota Koramil Kebumen.

 

k24

Terkait masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat mematuhi prokes, Kapolsek tak akan bosan bosanya mengajak masyarakat untuk mematuhinya. Bahkan demi hal itu, tak kurang dari 50 masker selalu ia bagikan setiap harinya.

 

‘’ Hampir setiap hari kita bagikan minimal 50 masker setia harinya untuk masyarakat dengan harapan mereka ingat dan mau mematuhi prokes. Masker kita dari Polres juga dari Posek,’’imbuh AKP Sapto.

 

Disisi lain, Kapolsek Kebumen juga prihatin dengan tingginya kasus Covid 19 di Kabupaten Kebumen yang akhir akhir ini cendrung meningkat. Untuk itu pihaknya kembali menhimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Terlebih saat ini pemerintah tengah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terhitung mulai Tanggal 11  hingga 15 Januari 2021 mendatang.

 

‘’ Hingga saat ini kasus terkorfirmasi covid 19 di Kabupaten Kebumen masih cukup tinggi. Untuk itu mari kita jaga kesehatan kesehatan diri keluarga dan sesama dengan cara menerapkan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun diair yang mengalir,’’imbaunya.

 

Perlu diketahui, bahwa hingga hari ini, tercatat didata Website Gugus Tugas Covid 19 Kebumen, jumlah kasus terkonfirmasi covid 19 sebanyak 4.851 orang. dari jumlah tersebut sebanyak 170 pasien dinyatakan meninggal dunia.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan