Datang ke Rutan Kebumen, Kemenkumham Beri Sosialisasi Penguatan Zona Integritas

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Staf Ahli Bidang Penguatam Reformasi Birokrasi dari Kementerian Hukum dan HAM Drs. Nugroho, Bc, IP, M,SI, datang berkunjung ke Rutan Kelas II Kebumen. Kedatangannya ini untuk memberikan sosialisasi Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani kepada seluruh Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kegiatan berlangsung Kamis 1 April 2021, di Aula Rutan setempat dan dihadiri Kepala Rutan Kebumen Soebiyakto berserta jajarannya. Selain itu, acara diikuti seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Jawa Tengah khususnya di Krasidenan Kedu dan Banyumas, dengan sebagian dilakukan secara daring.

Dalam kesempatan tersebut, Nugroho juga menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan sejumlah ruangan dan fasilitas yang ada di Rutan Kelas II Kebumen. Mulai dari tempat layanan pengunjung, Fasilitas komunikasi, tempat bermain anak, dapur dan makanan yang diberikan warga binaan, fasilitas olahrga dan hasil krativitas napi, serta sejumlah fasilitas lainya.

Dari hasil peninjauan itu, Nugroho menilai Rutan Kebumen sudah cukup baik dalam memberikan fasilitas dan pelayanan untuk penghuni rutan dan pengunjung. Pihaknya berharap ini bisa terus ditingkatkan.

‘’ Saya melihat untuk fasilitas sudah cukup baik,’’katanya.

 

Adapun sosialisasi ini dilakukan yaitu dalam rangka penguatan dan pembinaan kepada seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Jawa Tengah. Menurutnya, pelaksanaan reformasi birokrasi pada seluruh instansi pemerintah yang diselenggarakan untuk mendukung terciptanya pemerintahan yang baik ada 3 (tiga) indikator utama, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Nugroho menjelaskan, untuk penguatan zona integritas ini, ada enam agenda perubahan dasar dengan dua komponen. Pertama adalah komponen pengukit, wujudnya berupa data dukung, dokumen yang dikasih Elektronik Reformasi Birokrasi (IRB). Kedua yakni komponen hasil yang meliputi Indek Kepuasan masyarakat, persepsi korupsi, kolusi dan pungli. Untuk penilaian nantinya akan dilakukan langsung oleh Inspektorat Jenderal. Jika lulus, baru naik ke pusat dan akan didorong ke nasional.

‘’ Hasil pelayanannya jelas apa nggak, ribet apa nggak, ada diskiriminasi nggak, Jika hasil dari komponen pengungkit tinggi dan hasil dari komponen hasil juga baik, nah itu bisa dipertimbangkan. Yang menilai nanti Inspektorat Jenderal. Nanti kalau lulus di Inspektorat Jenderal baru naik ke pusat. Lalu didorong ke nasional, oleh tim penilai nasional,” ucapnya.

Nugroho yang merupakan putra asal Karangsambun Kebumen ini mengatakan, semua instansi pemerintah saat ini tengah berlomba-lomba melakukan reformasi borokrasi menuju zona integritas. Untuk di Rutan Kebumen sendiri, ia menilai semua pelayanan dan fasilitas sudah cukup baik dan memadai.

“Ya untuk di Kebumen, ini kan memang rutannya kecil. Sudah cukup bagus lah. Lumayan. Ka UPT nya juga bagus. Tapi saya juga perlu ngobrol sama penguhuni rutan, dari obrolan itu kan nanti kelihatan kondisinya lagi sengsara bener apa tidak,” imbuh Nogroho yang pernah sekolah di SMA 1 Kebumen itu.

 

Sementara itu, Kepala Ruta Kebumen Soebiyakto mengatakan, sejauh ini Rutan Kebumen selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan maupun masyarakat yang akan membesuk. Bahkan untuk pengembangan bakat dan minat para warga binaan Rutan Kebumen telah memberikan berbagai pelatihan skil berupa menjahit, merakit motor, membatik, membuat kerajinan tangan, , rak bunga, dan kerajinan lainya.

‘’ Fasilitas komunikasi juga disediakan, kemudian untuk pengunjung juga klita sedikan tempat bermain anak, tempat menyusui. Dan kita pastikan semua pelayanan bebas dari pungli.’’ucapnya.(K24/THR)

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24