Dapat Motivasi dari Wabup, Karyawan PDAM Kebumen Siap Tingkatkan Etos Kerja

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Sebanyak 123 karyawan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen mendapat pembinaan dan motivasi dari Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih. Mereka diminta untuk terus meningkatkan etos kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pembinaan dan sekaligus Bakti Sosial Donor Darah itu berlangsung di Aula Gedung Gedung PDAM Kebumen Jumat, 24 September 2021. Hadir Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kabag Perekonomian Kebumen Yunita Prestisanti, Direktur PDAM Kebumen Zein Musta’in beserta seluruh Stafnya.

Dalam arahanya Wabup menyampaikan etos dan motivasi kerja merupakan salah satu faktor penting dalam percepatan pencapaian target perusahaan. Dimana motivasi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga di setiap hati karyawan. Terlebih, PDAM Kebumen merupakan perusahaan daerah yang bersentuhan langsung dengan melayani masyarakat.

‘’Sehingga diperlukan ketulusan dan tanggung jawab bagi setiap karyawan, guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kinerja itu kadang naik kadang turun, dengan kita beri motivasi untuk mereka,  tentunya bisa menumbuhkan rasa bangga tetap bersyukur agar dalam bekerja lebih giat lagi,” ucapnya.

Selain itu, Wabup Rista, juga sangat mengapresiasi adanya kegiatan Baksos Donor Darah. Menurutnya kegiatan ini dapat menolong sesama dan sekaligus untuk meningkatkan kesehatan para karyawan.

” Setetes darah yang kita berikan dapat membantu seseorang,  tentunya ini sangat baik untuk membantu PMI kita yang selalu kekurangan darah, apalagi disaat saat pandemi covid 19 saat ini,”ujarnya.

Sementara itu Zein Musta’in mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi karyawan dan meminimalisir kesalahan saat bekerja. Termasuk dalam memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada pelanggan, serta masyarakat Kabupaten Kebumen.

‘’ Etos dan motivasi kerja karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam  percepatan pencapaian target perusahaan.’’ucapnya.

Zein memaparkan, Kinerja keuangan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen hingga akhir Agustus 2021 mencapai 108,5%. Sedangkan untuk jumlah Sambungan Rumah (SR) saat ini mencapai 33.353 unit, dimana pengguna tertinggi pada golongan rumah tangga dengan presentase 95% dan pencapaian asset mencapai 99,86%. Pihaknya optimis hingga akhir Desember 2021 ini, target akan tercapai 100%.

” Seluruh staf karyawan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen siap untuk terus berupaya meningkatkan kinerja perusahaan sehingga semakin maju usahanya dan lebih baik pelayanannya. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Kita harus optimis pandemi ini akan segera berakhir. ” Pungkasnya.

Adapun Bakti Sosial Donor Darah bersama PMI digelar sebagai salah satu bentuk ibadah dan kepedulian sosial kepada sesama. Ini diharapkan dapat membantu dan menyokong ketersediaan stok darah bagi  yang sedang membutuhkan.

 Sebagaimana adanya ungkapan “Setetes Darah Menyambung Nyawa”. Disamping itu, pendonor juga diharapkan memperoleh manfaat kesehatan dengan mendonorkan darahnya, sehingga tubuh senantiasa fit, siap terjun melaksanakan tugas lapangan, baik Pasukan Air Lancar (PAL), petugas bidang transmisi distribusi, dan petugas survei lapangan.”imbuhnya.

Kegiatan donor darah diawali oleh Direktur, Kepala SPI, yang kemudian diikuti para staf. Total peserta/calon pendonor sejumlah 122 orang Pegawai Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa dan Koperasi Tirta Bumi Sejahtera. Dari kegiatan tersebut diperoleh 48 kantong darah.

‘’ Kegiatan donor darah ini akan kami selenggarakan secara periodik, sehingga dapat terjaring pendonor yang rutin mendonorkan darah setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali.’’ Pungkasnya.(K24/IMAM).