Dampak Corona, Omzet Penyedia Jasa Laundry Turun Hingga 70 Persen

oleh -
Salah satu usaha laundry terdampak Covid-19
Salah satu usaha laundry terdampak Covid-19

KEBUMEN, Kebumen24.com – Semakin memawabahnya Covid-19 atau Virus Corona sangat berdampak pada menurunya pendapatan para pengusaha, salah satunya omzet penyedia jasa laundry di kebumen sangat menurun drastis. Hal itu dikarnakan adanya pemberlakukan sekolah untuk belajar dirumah ditambah dengan liburnya sebagian pegawai ASN di lingkungan pemkab.

Seperti diutarakan Pramban Yanuarti, salah satu penyedia jasa laundy yang berlamat di Gang Belitung Kelurhana Bumrejo Kebumen, dirinya sangat merasakan dampak nyata wabah corona bagi perekonomian. Menurutnya, Salah satu penyebabnya tentunya karena faktor pembatasan sosial. Dimana untuk mengantisipasi mewabahya corona, masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah.

Akibatnya, dari yang semula banyak orang tua siswa yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci. Namun karena belajar di rumah penggunaan jasa laundy pun menurun dari yang biasanya 100 Kg, kini hanya 10 hingga 15 kg setiap harinya. Saat ini pelanggan yang tersisa hanya dari kalangan warga sekitar tempat tinggalnya.

“Sejak adanya pandemi corona, sebagian besar pelanggan hilang dan pendapatan sangat menurun sekali. Bahkan sampai 70 persen dari biasanya, itu pun hanya dari warga sekitar rumah,’katanya, Minggu (26/4/2020) saat ditemui di rumahnya.

Pengusah laundry terdampak Pandemi Covid-19
Pengusah laundry terdampak Pandemi Covid-19

Kendati begitu Yanuarti pun mengakui, keberadaan masyarakat yang membatasi kegiatan sosial memang sangat penting. Untuk itu dirinya pun mendukung upaya pemerintah agar virus corona bisa di cegah dan masyarakat dapat kembali normal berkatifitas.

‘’Demi keamanan bersama kami tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk membatasi kegiatan sosial,” imbuhnya. (K24/THR)