KEBUMEN, Kebumen24.com – Komunitas Corp 4×4 Adventure menggelar touring ke sejumlah daerah di seputar Jakarta, Jateng dan DIY. Salah satu daerah yang menjadi target kunjungan dalam tour bertajuk Merambah Tanah Jawa tersebut yakni Kabupaten Kebumen.

Di kabupaten yang mempunyai kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK) sendiri, Komunitas Corp 4×4 Adventure dengan menggandeng Jimny Indonesia Channel, Bank Jateng dan Disporawisata Kebumen menjelajah wilayah pesisir selatan Kebumen dan menggelar Gala Dinner bertemakan Camping Ground di Kawasan Konservasi Penyu Objek Wisata Kalibuntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Minggu 20 Juni 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan langsung oleh Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono mengatakan sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, event tersebut sangat positif untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Kebumen.

“Kita perlu terus mempromosikannya, dan mengemasnya menjadi suguhan menarik. Sekaligus juga perlu memastikan bahwa pariwisata kita memberikan efek positif bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Ujang sembari menyampaikan permohonan maaf bupati yang belum bisa hadir secara langsung karena tengah melakukan kunjungan ke Pulau Dewata.

Kabupaten Kebumen dengan panjang garis pantai 57,55 kilometer, kata Ujang, menawarkan jalur susur pantai yang tak kalah menarik bila dibandingkan dengan daerah lain.  Karena selain disuguhi medan yang menantang, garis pantai di Kabupaten  Kebumen juga menampilkan pemandangan yang sangat indah.

“Salah satunya Pantai Kalibuntu ini. Apalagi dengan kekhasannya, yakni adanya tempat penangkaran penyu yang memberikan nilai positif, baik bagi pariwisata maupun konservasi alam,” ucapnya.

Pihaknya berharap, selain meningkatkan sektor pariwisata, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi alam. Sehingga sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kebumen kedepan bisa memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan. Sekaligus mencegah kerusakan dan bencana akibat eksploitasi alam yang berlebihan.

“Saya mengajak para influencer, pegiat medsos dan elemen lain untuk terus mempromosikan potensi pariwisata Kebumen. Sekaligus juga mempromosikan konservasi alamnya. Saya percaya, kreativitas dan inovasinya akan mampu mendorong kemajuan Kabupaten Kebumen,” ujarnya.

Ujang menuturkan, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mendorong banyak kalangan utuk megeksplor keindahan Kabupaten Kebumen melalui event-event yang menarik. Baik bersepeda, bermotor, jeep, atau bahkan dengan kendaraan tradisional serta digelarnya event-event budaya.

“Dengan begitu kekayaan dan keindahan Kabupaten Kebumen akan semakin dikenal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.Tentunya dengan tetap mengacu dan berpedoman pada peraturan, norma dan protokol kesehatan selama masa pandemi ini,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, para peserta dari luar kota itu pun tak hanya diwajibkan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, namun semua peserta dalam kegiatan tersebut juga diwajibkan untuk menjalani tes swab antigen oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Kebumen.

Ketua Komunitas Corp 4×4 Adventure, Wawan mengatakan, dirinya bersama anggota komunitas telah melakukan perjalanan selama 4 hari siang dan malam di wilayah Jateng-DIY, sebelum akhirnya singgah di Area Konservasi Penyu Kalibuntu. Perjalanan tersebut merupakan upaya untuk mengenal lebih dekat potensi wisata di Jateng-DIY yang belum tereksplor dengan baik.

“Disini kami disambut dengan baik dan antusias sekali. Semangat baru tumbuh kembali. Kita siap mengangkat potensi pariwisata di Kebumen ini menjadi pariwisata berkelas nasional bahkan internasional. Kedepan kita ingin bersilaturahmi lagi. Tadi ada undangan menarik untuk menaklukkan alam offroad Kebumen. Kita tinggal nunggu undangan resminya saja. Insyaallah kita siap,” tandasnya.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Kebumen H.S Yudiantoro menilai bahwa kawasan Objek Wisata  Konservasi Penyu Kalibuntu merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Kebumen yang potensial untuk terus dikembangkan. Kedepan pihaknya ingin mengajak komunitas Corp 4×4 Adventure untuk kembali mengeksplor potensi pariwisata di Kabupaten Kebumen.

“Suatu saat kita ajak teman-teman dari Jakarta ini untuk menjajal jalur offroad yang cukup menantang adrenalin. Kita eksplor potensi wisatanya mulai dari kuliner hingga kekayaan budayanya,” pungkasnya.

Kabid Pemasaran Disporawisata Kabupaten Kebumen Martinus Yudiantoro menambahkan, pihaknya terus mesuport pengembangan Konservasi Penyu Kalibuntu dari sisi kepariwisataannya, salah satunya yakni melalui paket wisata yang telah dicanangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Poldarwis) Gajah Gunung, Desa Jogosimo baru-baru ini.

“Kita terus dorong wisatawan agar tidak hanya terpaut pada pantai ataupun pelepasliaran anak penyu saja. Namun juga mulai merasakan sensasi paket wisata yang ada, diantaranya edukasi penyu, camping ground, budidaya lebah kelanceng, ronda telur penyu serta atraksi lain, seperti jemparingan atau panahan khas Keraton Yogyakarta,” imbuhnya.(K24/RILIS).

 

By Redaksi

Redaksi Kebumen24