Cegah Korupsi, Bupati Kebumen Bentuk Tim 9

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dilingkungan Pemkab Kebumen, Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto bakal membentuk tim 9. Tim 9 ini nantinya akan bekerja sebagai monitoring terhadap kinerja para OPD setiap bulan dari semua aspek.

 

Hal tersebut ia sampaikan usai Rapat Koordinasi Capaian Aksi Pencegahan Korupsi (Korsupgah KPK) Tahun 2021 di Gedung F Komplek Setda Kabupaten Kebumen, Jum’at 19 Maret 2021. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih, Sekda Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, serta para OPD terkait.

 

Dikatakan Bupati, langkah ini sebagai bentuk Komitmen untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan sekaligus mewujudkan prinsip-prinsip good governance, clean government, dan open government. Tim 9 nantinya akan dipimpin Asisten 1 Sekda Kebumen.

 

Disisi lain, Bupati mengatakan tim ini bertugas untuk mengkomunikasikan jajaran OPD baik Dinas maupun Badan lainya. Salah satunya sebelum melakukan kegiatan tim ini membuat perencanaan dan diberikan kepada dinas dinas yang mengalami penurunan.

 

‘’ Intinya Tim ini akan melakukan monitoring terhadap kinerja OPD tiap bulan dari semua aspek,’’imbuhnya.

 

Lebih lanjut Bupati Arif juga menandaskan bahwa untuk mendukung program tersebut, dirinya juga telah memberikan kewenangan kepada KPK untuk melakukan pengawasan dalam sistem perencanaan anggaran di Kebumen.

 

”Setiap pembangunan di awali dg perencanaan yg baik, pengawasan di lakukan sedini mungkin sejak perencanaan. Inspektorat di libatkan dalam pengawasan termasuk KPK dalam hal ini bidang korsubgah. (K24/IMAM).